Bayar Listrik di Hari Terakhir

Sabtu, 28 Februari 2009, saya membayar tagihan listrik di kantor PLN Ciputat di Gaplek. Suasana ramai sekali. Biasanya begitu datang langsung menaruh kuitansi pembayaran bulan sebelumnya di depan kasir, kali ini pakai nomor antrian. Nomor antrian saya 421. Di kertas nomor itu tertera panjang antrian yang harus saya lalui 169 orang. Gila, sampai ratusan begini.

Hari ini memanglah hari terakhir di bulan Februari. Hari terakhir di bulan-bulan lainnya pun sepertinya tidak berbeda.

Hal yang saya pikirkan adalah: apakah ini menunjukkan masyarakat kita suka menunda-nunda kewajiban hingga saat-saat terakhir?

Hal lain. Jika kita membayar tagihan paling lambat tanggal 20 tiap bulannya, kita bisa membayar di tempat-tempat yang dekat dengan rumah kita, di loket khusus atau di bank. Jika lewat tanggal 20, bayarnya harus langsung ke kantor PLN. Nah, bayar di kantor PLN ini selalu dikenai tambahan 1.500 rupiah, dicatat sebagai admin bank.

Menurut saya ini ganjil. Gedung kantor itu punya PLN, sedangkan bank cuma nebeng. Berbeda kalau gedungnya punya bank, PLN yang numpang, maka tambahan biaya itu wajar. Ibaratnya kita bayar ke PLN lewat bank, lalu bank mengutip biaya administrasi. Tapi ini, kita datang ke kantor PLN tapi dicatat sebagai bayar lewat bank dan dikenai biaya administrasi.

Sungguh satu permainan yang cerdik.

Saya lebih menganggap wajar kalau tambahan biaya itu disebabkan keterlambatan. Misalnya, sebutlah bayar listrik setelah tanggal 20 itu terlambat, lalu pelanggan dikenai tambahan biaya yang dicatat dalam kuitansi sebagai denda. []

This entry was posted in Cathar, Sosial and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Bayar Listrik di Hari Terakhir

  1. Pingback: Ada yang tahu, SBY nanti featuring dengan siapa ya? « The Nafi’s Story

  2. Said says:

    mas disinilah ada solusi baru bersama gate-solution akan mendapatkan fasilitas gratis bayar listrik selama lima tahun, lumayan bagi masyarakat gak repot-repot datang/pusing memikirkan biaya listrik perbulan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s