Abstrak Skripsi

(A). Fakultas Psikologi

(B). Maret, 2009

(C). Asep Sofyan

(D). MOTIVASI MENIKAH PADA JANDA DAN DUDA LANJUT USIA

(E). xxiv + 78 Halaman

(F). Motivasi adalah dorongan psikologis (energizing) yang mengarahkan seseorang (directing) untuk mencapai tujuan tertentu dan memertahankan tingkah laku tertentu (sustaining). Proses dimulai dari ketidaknyamanan (fisik maupun psikis) yang menggerakkan, mengarahkan, dan memertahankan tingkah laku untuk mencapai tujuan tertentu.

Pada orang-orang lanjut usia, menyesuaikan diri terhadap hilangnya pasangan hidup merupakan salah satu tugas perkembangan yang harus dilakukan. Salah satu cara untuk memenuhi tugas perkembangan tersebut ialah dengan menikah kembali. Namun fakta menunjukkan bahwa tidak setiap lansia yang kehilangan pasangan, baik sebab perceraian maupun kematian, lantas menikah lagi. Bahkan jumlah duda dan janda lansia yang tidak menikah jauh lebih banyak daripada yang menikah. Artinya, meski pernikahan terlihat sebagai solusi yang masuk akal, ia bukan cara yang banyak dipraktikkan oleh kaum lansia. Penelitian ini ingin melihat bagaimana motivasi menikah pada janda dan duda lanjut usia beserta alasan-alasannya.

Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur (kuesioner) dan observasi. Dengan teknik purposive sampling, penelitian ini meneliti sejumlah janda dan duda di wilayah kelurahan Pisangan, kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Informasi tentang keberadaan janda dan duda diperoleh dari ketua-ketua RT. Karakteristik subjek adalah janda dan duda berusia 60 tahun ke atas.

Analisis data dilakukan secara interpersonal dengan cara membandingkan tiap-tiap subjek atau kasus dalam tema atau aspek tertentu. Analisis akan menyertakan pula hasil penelitian sebelumnya sebagai perbandingan. Tema yang dianalisis mencakup faktor internal dan eksternal dari motivasi, serta hal-hal lain menyangkut kehidupan lansia yang tidak memiliki pasangan hidup, misalnya tentang kesepian lansia, kebutuhan batiniahnya, masalah seksual, kecenderungan spiritual atau religiusitas, hubungan sosial, dan sikap terhadap pernikahan di kalangan lansia. Kesemua tema tersebut dihubungkan dengan motivasi menikah.

Setelah melakukan wawancara dan observasi terhadap 4 janda dan 3 duda lansia pada minggu kedua Februari 2009, diperoleh kesimpulan bahwa orang-orang lanjut usia yang telah menjadi janda atau duda tidak memiliki motivasi, atau kecil sekali motivasinya, untuk menikah lagi. Alasan-alasan mereka adalah: pertama, merasa sudah tua; kedua, ingin fokus beribadah; ketiga, setia dengan pasangan sebelumnya; keempat, trauma dengan pernikahan sebelumnya; kelima, merasa cukup dengan anak atau cucu; keenam, sudah tidak bekerja atau hidup dibiayai anak; ketujuh, takut suami baru tidak cocok dengan anak; kedelapan, teman-teman sesama janda tidak ada yang menikah lagi.

Secara umum, janda dan duda lansia menyesuaikan diri dengan dua cara, yaitu semakin taat beribadah kepada Tuhan dan fokus pada pemeliharaan/ pengasuhan anak-anak/cucu. Hal yang kedua membantu subjek dalam mengurangi kesepian setelah ditinggal pasangan. Subjek dapat melakukan kedua hal tersebut atau salah satunya saja. Dua cara penyesuaian ini menjelaskan mengapa motivasi mereka untuk menikah lagi sangat kecil.

Saran untuk penelitian lain dengan tema serupa, hendaknya wawancara lebih diperdalam, atau subjek diperbanyak dengan menambahkan alat bantu pengumpulan data yang bersifat kuantitatif.

(G). Daftar Bacaan: 22 buku (1955-2006), 1 jurnal (2005), 3 skripsi (1999-2005), 2 internet (2002-2008).

This entry was posted in Psikologi, Sosial and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Abstrak Skripsi

  1. sri says:

    bagus contentnya, kira kira saya bisa tau buku sumber untuk skripsiini tidak ya.trimakasih

    Asep:
    Referensinya tidak ada yang aneh atau sulit dicari. Cuma buku ttg motivasi dan psikologi perkembangan masa lansia. Saya kira ada di tiap perpustakaan psikologi. Demikian.

  2. lucy says:

    saya tertarik untuk melanjutkan penelitian ini ke tesis..tapi lebih kemakna pernikahan pada lansia.karena sy menemukan kasusnya, mudah2an bisa bantu refrens:

    Asep:

    Saya mencari dan menemukan beberapa skripsi ttg tema ini di perpustakaan Psikologi UI. Referensinya juga banyak sekali di sana.
    Di internet juga ada abstrak skripsi dengan tema serupa. Ketik saja kata kunci berkaitan dengan pernikahan lanjut usia. Semoga sukses.

  3. Tita says:

    mas buleh minta soft filenya?
    saya mahasswi UNY n sya juga ambil skripsi tentang kehidupan lansia yang menikah lagi..
    saya butuh banyak referensi ny gmna buleh gaga??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s