Sejak Mengenal Facebook, Saya Jadi Jarang Menulis

Sejak mengenal facebook, sekitar bulan Februari 2009 (mungkin agak terlambat), saya semakin jarang menulis untuk blog. Bahkan saya menjadi lebih jarang menulis.

Di facebook, sebuah kalimat iseng saja bisa dikomentari banyak orang. Di blog, sebuah tulisan serius belum tentu mendapatkan tanggapan.

Beberapa bulan yang lalu, jika saya berselancar di dunia maya, saya bisa berjam-jam mengotak-atik blog. Sekarang, jam-jam itu lebih banyak saya habiskan di facebook.

Sepertinya para pengguna internet lain pun kini kian jarang membaca artikel panjang atau agak panjang (sesuatu yang biasa ada di blog). Memang statistik jumlah pengunjung di blog saya tidak berkurang tiap harinya, tapi penulis komentar kian langka.

Hal ini pun menimpa teman saya seorang blogger. Hampir tiap hari dia nge-net (karena dia punya laptop), tapi blognya, kacajendela.wordpress.com, berbulan-bulan tidak ditulisi.

Facebook memang menawarkan sesuatu yang dapat menghangatkan sisi emosionalitas kita. Dia menghubungkan kita dengan banyak orang, kawan-kawan kita yang baru maupun yang lama, dan mungkin teman kencan. Tapi facebook juga membiasakan kita berpikir dan bersikap secara instan. Kita mengomentari suatu kasus, atau mengungkapkan perasaan kita sendiri, dalam satu dua kalimat saja, tanpa analisis sama sekali.

Sedangkan di blog, kita menulis lebih banyak kalimat dan itu membuat kita lebih banyak berpikir. Walaupun tulisan itu mungkin hanya semacam curhat, kita tidak akan menuliskannya hanya dalam satu dua kalimat layaknya di facebook. Blog, setidaknya bagi saya sendiri tatkala meniatkan membuat blog, adalah sarana untuk menyegarkan sisi intelektualitas.

Tapi apapun itu, semoga ini hanya efek sementara. []

This entry was posted in Cathar and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s