Parfum untuk Rayap

Ahad, 9 Agustus 2009

Minggu lalu, lemari buku dan pakaian saya diserang rayap. Saya baru sadar setelah sebuah buku berharga termakan separuhnya. Sedangkan isi lemari bagian pakaian masih aman karena baru mulai digarap.

Kira-kira setahun sebelumnya, lemari yang sama pernah juga dijarah rayap. Setelah isi lemari diungsikan, lemari saya bersihkan dengan sapu. Untuk mencegah rayap datang kembali, saya membakar obat nyamuk, saya taruh di dalam lemari, lalu pintunya ditutup. Saya percaya tindakan ini bisa mengurangi kelembaban kayu-kayu lemari.

Tapi satu tahun tidaklah sebentar untuk sebuah perubahan. Lemari kayu saya melembab kembali, dan rayap-rayap itu datang lagi.

Kali ini saya tidak menggunakan sapu dan tidak juga obat nyamuk. Secara coba-coba, saya semprotkan parfum beralkohol ke bagian dalam lemari, terutama yang dirayapi rayap (itulah sebabnya makhluk ini dinamai rayap). Pintu lemari saya tutup.

Ajaib. Tak berapa lama, ketika pintu lemari saya buka, rayap-rayap itu telah pergi meninggalkan lorong-lorong dari tanah yang telah mereka bangun, mungkin tidak dengan susah payah. Tampaknya makhluk melata itu tidak tahan dengan aroma parfum yang menyengat (kadang-kadang saya pun merasa begitu).

Karena hasil ini, terpikir oleh saya untuk menyemprotkan parfum secara teratur ke lemari pakaian dan lemari buku dan properti-properti lain yang kira-kira diminati rayap. Mungkin seminggu sekali, atau paling lama sebulan. Parfum tidaklah mahal. Setidaknya parfum yang saya gunakan harganya cuma sepuluh ribuan untuk isi 100 mililiter dan yang sejenis itu berjejeran di rak-rak warung ritel. Beberapa semprotan dalam seminggu tidaklah akan menghabiskan isi parfum tersebut. Selebihnya tentu saja saya gunakan untuk mengharumkan badan setiap hari.

Hmmh.

This entry was posted in Cathar and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s