Obat Bius untuk Menangkap Teroris Hidup-hidup

Noordin

Pada Kamis 17 September 2009, di sebuah rumah kontrakan di Solo, Noordin M. Top berhasil ditangkap. Kita patut memberi apresiasi kepada polisi atas prestasi ini. Tapi banyak orang menyayangkan kenapa Noordin M. Top, juga gembong teroris lainnya seperti Ibrohim dan Dr. Azahari, harus mati. Dalam keadaan hidup, mereka bisa “dimintai” keterangan yang sangat diperlukan untuk mengungkap akar-akar jaringan teroris.

Apakah polisi belum punya cara menangkap teroris hidup-hidup?

Dalam film-film laga atau cerita silat, kalau ada orang hendak mencuri atau ingin menculik seseorang, sering digambarkan dia meniupkan sesuatu berbentuk asap ke dalam bilik atau kamar orang yang menjadi korbannya. Dengan begitu, korban akan tertidur pulas dan dia dapat leluasa melaksanakan maksudnya tanpa khawatir korban terbangun.

Saya ingin tahu, apakah taktik semacam ini ada dalam standar operasi kepolisian? Kalau ada, kenapa tidak dilakukan saat hendak menangkap Azahari, Noordin, dan para teroris lainnya? Kalau tidak ada, kenapa taktik yang sudah menjadi klasik ini tidak terpikirkan oleh polisi?

Obat bius saya dengar sudah biasa digunakan untuk melumpuhkan binatang yang mengamuk atau lepas dari kandangnya. Binatang itu ditembak atau dipanah dengan anak panah yang sudah dilumuri obat bius.

Tentunya obat bius pada anak panah akan sulit ditujukan kepada para teroris karena mereka bersembunyi di balik tembok rumah. Tapi sejenis bom asap, di mana asap itu adalah obat bius, dalam bayangan saya akan cukup efektif untuk melumpuhkan teroris yang bersembunyi di dalam rumah. Setelah bom asap bius diledakkan di dalam rumah tempat persembunyian teroris, sebuah robot bisa diselundupkan untuk memastikan apakah para teroris itu sudah tertidur atau belum.

Mungkin ada keraguan: asap bisa diterbangkan angin dan bisa jadi malah mengenai para polisi yang tengah berjaga-jaga di suatu arah sehingga mereka tertidur. Saya katakan, bisa jadi. Tapi sebelumnya polisi dapat meminum obat penawar bius. Lagi pula asap yang diterbangkan angin itu tentu sudah berkurang kadar biusnya sehingga jika polisi di luar saja bisa ditidurkan, apa lagi para teroris di dalam rumah.

Demikian usul saya. Semoga bisa dipertimbangkan. []

This entry was posted in Politik and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Obat Bius untuk Menangkap Teroris Hidup-hidup

  1. kodoks says:

    sulit untuk melakukannya .. perlu banyak rencana juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s