Kegiatan Serambi Sastra Ciputat

Sumber gambar: FB SSCSerambi Sastra Ciputat (SSC) adalah sebuah komunitas sastra di dalam Forum Lingkar Pena (FLP) Ciputat. SSC dibentuk pada hari Sabtu tanggal 12 Juni 2010. Berikut ini dua kegiatannya:

–          Diskusi Sastra

Diskusi Sastra diadakan setiap hari Sabtu pukul 09.00 s.d. selesai (zuhur), bertempat di Taman Bacaan FLP Ciputat. Acara mungkin baru dimulai pukul 10.00, tapi datang lebih awal akan memberi anda kesempatan untuk membaca dan berdiskusi lebih banyak.

Acara ini terbuka untuk setiap anggota FLP Ciputat, khususnya yang meminati sastra.

Diskusi Sastra dibagi menjadi dua sesi.

Sesi pertama, kajian teori. (Bobot: + 1 SKS)

Kajian teori diadakan dengan pemikiran bahwa “kita tidak perlu terburu-buru menjadi penulis, sebab acara kita bukan semacam pelatihan singkat setengah hari atau dua hari”, dan bahwa ”tidak ada cara instan untuk menjadi yang terbaik”.

Pengetahuan teoretis akan membekali peserta suatu perspektif untuk membaca, mengapresiasi, dan menilai karya sastra.

Dalam sesi ini, tiap peserta akan saling berbagi kajian teori atau hasil bacaan mereka atas pelbagai buku atau teks tentang sastra. Tidak ada skedul atau kurikulum. Tema tiap sesi akan diputuskan pada pertemuan sebelumnya. Peserta yang mendapat tugas mempresentasikan hasil bacaannya diwajibkan membuat esai atau minimal resume.

Jika tidak ada peserta yang siap mempersembahkan kajian teorinya, sesi ini akan diisi langsung oleh Pengarah.

Sesi kedua, bengkel karya. (Bobot: + 2 SKS)

Peserta membawa karya mereka (cerpen, puisi) untuk diapresiasi oleh dan bersama para peserta lain. Pembahasan mencakup segala aspek yang dapat diangkat dari karya tersebut, kelemahan maupun kelebihannya. Diutamakan karya yang baru ditulis; tapi karya lama pun akan dihargai sama.

Bengkel sastra akan memberikan peserta kemampuan praktis dalam menulis karya sastra dan meningkatkan mutu tulisan.

–          Pembuatan Antologi Cerpen

Memiliki karya yang dibukukan dapat meningkatkan gairah dalam belajar sastra. Oleh karena itu, diberitahukan kepada segenap anggota FLP Ciputat, khususnya peminatan Sastra, agar mempersiapkan karya terbaiknya untuk dibukukan dalam Antologi. Tema sementara ini belum ditentukan (kemungkinan tentang Cinta dan Keluarga, sebab sejumlah naskah yang telah dibahas dalam kajian sebelumnya banyak bertema demikian). Selambatnya akhir Juni sudah dikirim ke serambisastra@yahoo.com; cc ke manusiakamar@gmail.com (Asep), tentangdedik@yahoo.com (Dedik), qeen.mahdy@gmail.com (Taqin), dan rief_uin@yahoo.co.id (Ali Rifan).

Boleh mengirimkan lebih dari satu naskah. Cerpen akan diseleksi oleh: Asep Sofyan, Dedik Priyanto, A. Mutaqin, dan Ali Rif’an. Hanya cerpen yang memenuhi standar kualitas yang akan dimuat dalam Antologi. Cerpen yang belum memenuhi standar tapi berpotensi menjadi lebih baik, kepada penulisnya akan diminta untuk memperbaiki. Penyeleksi akan memberikan sejumlah saran perbaikan untuk cerpen tersebut, lisan ataupun tulisan.

Ttd.

Asep Sofyan

(Pengarah)

This entry was posted in Serba-serbi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Kegiatan Serambi Sastra Ciputat

  1. dwi says:

    Kalau belum menjadi anggota flp bisa ikut diskusi sastra atw tidak,
    Alamat taman bacaan flp ciputat di mana y.
    trimakasih

    Asep:
    FLP Ciputat telah membuka pendaftaran anggota baru, paling lambat tanggal 4 Oktober 2010.
    Alamat TB FLP: Jalan Pesanggrahan, belok ke arah Aula Insan Ciputat, depan Asrama Kohati HMI Cabang Ciputat, lantai dua.
    Ditunggu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s