Tambahan Koleksi Buku di Bulan Mei 2011

Seluruhnya ada 13 buku.

1. Penembak Misterius, Seno Gumira Ajidarma

Buku ini kuperoleh dari Zaky Abraham, dia beli di Ponorogo seharga 10 ribu. Kumpulan cerpen ini sudah kubaca pada bulan Maret, tapi aku ingin mengoleksinya.

2. Iblis Tidak Pernah Mati, Seno Gumira Ajidarma

Buku ini juga kuperoleh dari Zaky Abraham, dia beli di Ponorogo seharga 10 ribu. Kumpulan cerpen ini sudah kubaca pada bulan Februari, tapi aku ingin mengoleksinya.

3. Kesedihan dan Kecantikan, Yasunari Kawabata

Buku ini juga kuperoleh dari Zaky Abraham, dia beli di Ponorogo seharga 5 ribu. Dia sudah membacanya dan terkesan. Mungkin aku pun akan membacanya.

4. Gelak Sedih, Eka Kurniawan

Buku ini berisi kumpulan cerpen pertama Eka Kurniawan, yaitu Corat-coret di Toilet. Diterbitkan kembali bersama kumpulan Gelak Sedih, dan dijuduli Gelak Sedih. Kubeli di TM Bookstore Poins Square seharga Rp 7.500, tanggal 20 Mei 2011.

5. Cinta Tak Ada Mati, Eka Kurniawan

Aku telah membaca kumcer ini, dari punya Husnil. Kubeli di TM seharga, jangan kaget, 3.000. Miris. Buku sastra kian murah harganya karena tidak laku, walaupun itu karya cerpenis terkenal.

6. Parang Tak Berulu, Raudal Tanjung Banua

Buku kumcer ini juga kubeli di TM, harganya Rp 3000.

7. Laba-Laba, Gus tf Sakai

Kumcer yang ini harganya Rp 5000.

8. Ringkasan dan Ulasan Novel Indonesia Modern, Maman S Mahayana, Oyon Sofyan, Achmad Dian

Ada 100 novel yang diringkas dan diulas dalam buku ini, dari Azab dan Sengsara (1920) sampai Ladang Perminus (1990). Sebuah buku yang sangat informatif. Kubeli seharga 10 ribu di TM.

Namun sayangnya di buku ini tak ada pembahasan tentang novel-novel Pramoedya Ananta Toer. Memang buku ini dibuat tahun 1992, masa Orde Baru, di mana buku-buku Pram masih dilarang. Tapi buku ini telah direvisi tahun 2007, jadi mestinya buku Pram bisa masuk.

10. Mengapa Seks Itu Asyik?, Jared Diamond

Sejenis buku biologi-antropologi tentang perilaku seks manusia. Diterbitkan oleh KPG dalam seri Science Master. Aku telah punya satu seri sebelumnya, Asal-Usul Manusia karya Richard Leakey. Ini buku-buku sains yang dikemas secara populer.

11. Kamasutra, Anand Krishna

Sebuah buku klasik tentang cinta, namun sudah disadur dan ditafsirkan kembali oleh Anand Krishna. Tak masalah. Setidaknya lebih mudah dipahami. Beli lima ribu rupiah di TM Book Store.

12. Franchising: The Most Practical and Excelent Way of Succesing, Dr. Bambang N. Rachmadi

Aku ingin berbisnis suatu saat. Mungkin beli waralaba bisa jadi alternatif. Artinya aku harus mengumpulkan modal dulu. Buku ini kubeli di TM, harga 10 ribu.

13. Mari Bermain; Tema Komunikasi

Ini buku isinya permainan untuk anak TK. Tapi kulihat cukup relevan untuk dipakai istriku yang ngajar SD kelas 1. Kubeli seharga 5 ribu di TM.

  1. Mari Bermain; Tema Cinta Tanah Air

Sama seperti buku nomor 12.

This entry was posted in Buku. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s