Seandainya Aku Seorang Desainer Mobil, Aku akan Membuat Mobil yang Lebih Ramping

Di tengah jalanan kota yang kerap macet, rasanya mobil-mobil pribadi yang ada sekarang terlalu lebar. Rata-rata 1,7 meter. Lebar sebegitu cukup untuk memuat empat penumpang di jok tengah. Namun sayangnya, kebanyakan mobil yang melaju di jam-jam macet (pagi dan sore hari) tidak penuh isinya. Lha wong tujuan mereka cuma mau ke kantor, jadi paling sebuah mobil berkapasitas 10 orang hanya diisi 1 atau 2 orang. Mubazir nian.

Menurutku, kalau mobil hanya digunakan untuk ke kantor, tak usahlah beli mobil yang gede-gede semacam Kijang dan seukurannya. Pakailah mobil dengan dimensi yang lebih kecil.

Tapi seperti kulihat di jalanan, mobil-mobil pribadi berukuran kecil pun lebarnya sama saja dengan mobil-mobil berukuran besar. Desainer mobil hanya memperpendek dimensi panjang saja dari mobil itu. Padahal untuk menyiasati jalanan, memendekkan mobil saja tidak cukup. Masalah kita bukan dengan panjang jalan, tapi dengan lebar jalan. Jadi kalau ingin membantu mengurangi kemacetan, bikinlah mobil yang lebih ramping.

Kupikir lebar mobil bisa dikurangi sekitar sepertiga atau seperempat dari lebar yang lazim sekarang, menjadi 1,2 – 1,3 meter saja. Kalau mobil lebih ramping, ia akan lebih mudah menyelinap dan menyusup di kemacetan Jakarta.

Kita tahu, di kota-kota, setiap inci ruang sangatlah berharga. Jika lebar mobil sudah dikurangi sepertiganya, atau seperempatnya, ruang kosong yang terbuka dapat dimanfaatkan oleh kendaraan di belakangnya, minimal motor, untuk menyusup.

Kalau aku seorang desainer mobil, akan kubuat mobil yang ramping itu. Tapi karena aku bukan desainer mobil, aku hanya bisa minta tolong kepada para pembuat mobil: bikinlah mobil yang lebih ramping, lebih mungil, lebih kecil. []

This entry was posted in Sosial and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s