Air Minum dalam Kemasan dan Masalahnya

Sekarang ini, jika kita bertamu ke rumah orang, tidak jarang tuan rumah menyuguhi kita dengan air minum dalam kemasan (aqua gelas atau yang semacam itu). Jika aku yang menjadi tuan rumah, sungguh aku tidak akan menyuguhi tamuku dengan air minum kemasan, karena tiga alasan.

Pertama, air minum kemasan menghasilkan sampah, yakni dari wadah plastik bekas yang digunakannya. Memang wadah plastik ini bisa didaur ulang, tapi berapa banyakkah yang beruntung ditemukan pemulung?

Kedua, ada yang bermasalah dengan pengambilan air minum dari sumbernya. Air mineral umumnya diambil dari mata air pergunungan. Sebelum ada perusahaan air minum, warga sekitar bebas memakai air itu untuk minum, mandi, mencuci, dsb. Tapi datanglah perusahaan air minum, dan tempat munculnya mata air itu kemudian ditutup dan dipagari. Bukan itu saja, perusahaan air minum juga mengambil air sebanyak-banyaknya untuk dikirim ke berbagai daerah. Tentunya menggunakan mesin pompa, bukan sekadar menciduk dari air yang mengalir secara alami. Akibatnya, sering terjadi daerah sekitar menjadi kekeringan karena sumber air utama mereka dikeruk oleh perusahaan dengan logika kapitalis: mencari untung sebanyak-banyaknya.

Ketiga, air minum kemasan memang lebih praktis, tapi ia juga menyimbolkan satu hal yang buruk: kemalasan. Tidak ada kasih sayang dalam sajian air minum kemasan, berbeda dengan jika kita menyajikan air minum yang kita rebus sendiri.

Karena sifat praktisnya, air minum kemasan gelas hanya cocok untuk di perjalanan. Tapi di dalam rumah, akan lebih baik, lebih hemat, dan lebih ramah lingkungan jika kita minum dari air yang kita rebus sendiri. Begitu pula untuk tamu yang berkunjung ke rumah kita.

Terakhir, memang ada daerah tertentu yang kualitas sumber air tanahnya buruk, misalnya di pesisir atau di kawasan industri. Untuk daerah seperti ini, daripada tamu kita minum air yang rasanya ganjil, bolehlah ia kita suguhi air minum kemasan yang rasanya lebih netral. []

This entry was posted in Lingkungan Hidup and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Air Minum dalam Kemasan dan Masalahnya

  1. bet365 says:

    Good day I was luck to seek your Topics in digg
    your post is marvelous
    I learn much in your theme really thank your very much
    btw the theme of you site is really fabulous
    where can find it

  2. bet365 says:

    how are you I was fortunate to search your topic in wordpress
    your post is superb
    I learn a lot in your subject really thanks very much
    btw the theme of you site is really magnificentsuper
    where can find it

  3. desy says:

    sepertinya qt harus memulainya dr rumah qta…………

    @Oke, sayang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s