Orangtua Egois

Orangtua yang senang membuat anak sebanyak-banyaknya, dan menganggap bahwa anak-anak itu akan memeroleh rezekinya sendiri dari Tuhan, adalah orangtua yang egois. Dia hanya memikirkan dirinya sendiri dan keluarganya.

Dia tidak menghitung bahwa setiap manusia menghabiskan energi (makanan, udara, air, minyak, dll) yang tidak sedikit sepanjang umurnya. Boleh jadi dia sanggup memberi makan dan menyediakan kebutuhan-kebutuhan lain untuk anak-anaknya. Tetapi energi yang telah dihabiskan, khususnya minyak, tidak akan pernah kembali lagi.

Orangtua yang egois tidak ingat bahwa setiap manusia membutuhkan rumah. Boleh jadi dia sanggup membuatkan rumah untuk anak-anaknya. Tetapi setiap penambahan rumah berarti pengurangan hutan/sawah seluas rumah itu, sementara luas bumi tidak pernah bertambah.

Kita boleh yakin bahwa Tuhan akan memberikan rezeki kepada setiap manusia. Tetapi manusia tidak akan beroleh rezekinya kecuali ia berusaha. Bahkan manusia yang berusaha pun tidak lantas akan mendapat rezeki. Kita masih melihat dan mendengar manusia-manusia kelaparan di negeri-negeri di ujung benua sana, bahkan di negeri kita sendiri.

Apakah mereka malas?

Jika satu dua orang di sebuah negeri kelaparan, bisa jadi dia malas dan kelaparan itu adalah salahnya.

Tetapi jika sejumlah orang di sebuah negeri kelaparan dan di negeri itu tidak ada bencana alam, pastilah di negeri itu ada penindasan, ada penzaliman, ada pemerasan, ada keserakahan, ada pengangkutan kekayaan secara tidak promorsional dari satu daerah ke daerah lain. Intinya: ada kemiskinan struktural.

Boleh jadi orang-orang serakah tidak berasal dari negeri itu, tapi dari negeri lain. Dan itu sama saja, membuat usaha seseorang mencari rezeki menjadi sia-sia. []

This entry was posted in Lingkungan Hidup, Sosial and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s