Pegadaian Itu Ternyata Rentenir Juga

Kemarin saya menggadaikan cincin dan gelang emas senilai 4 jutaan di pegadaian WTC BSD. Belum apa-apa, saya sudah dikenai biaya administrasi sebesar 40 ribuan (1%). Selanjutnya, saya akan dibebani sewa gadai sebesar 1,2% per 15 hari, atau 2,4% per bulan. Sekilas kelihatannya kecil, tapi jika disetahunkan jadinya 28,8% ditambah biaya administrasi 1%. Biaya administrasi 1% ini akan dikenakan lagi jika saya melakukan perpanjangan gadai tiap 4 bulan, sehingga totalnya bisa jadi lebih dari 30%.

Dibanding bunga KPR (saat ini rata-rata 9-10% per tahun) ataupun kredit usaha mikro (12-15% per tahun), bunga 30% itu terlalu besar untuk sebuah lembaga keuangan yang bermoto “mengatasi masalah tanpa masalah” ini. Bunga 30% itu hampir sama dengan kalau kita pinjam uang ke rentenir.

Jadi tak berlebihan rasanya kalau saya anggap pegadaian itu tak ada bedanya dengan rentenir. Padahal saya meminjam uang dengan jaminan berupa emas. Di sejumlah bank, kredit tanpa agunan (KTA) saja hanya dikenai bunga sekitar 20%.

Yah, mungkin salah saya adalah tidak punya uang kas yang cukup untuk membiayai sebuah keperluan mendadak. Atau mungkin tidak seharusnya saya membandingkan sebuah kredit jangka pendek dengan kredit jangka panjang. []

This entry was posted in Keuangan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pegadaian Itu Ternyata Rentenir Juga

  1. ndoro.ndoni says:

    Berarti kalu memiliki dana darurat dalam bentuk logam mulia, katika lagi butuh dana darurat, logam mulianya gak usah digadaikan ya? Harusnya dijual aja. Kalu udah punya duit buat beli logam mulia lagi, beli lagi sekalian.

    Gitu kah?🙂

    @Setelah saya pikir lg, kayaknya mending begitu. Selisih harga jual emas masih lebih rendah dibanding sewa gadai. Cuma waktu itu emas yg saya gadaikan berbentuk perhiasan, dan istri saya suka modelnya, makanya digadai aja biar bisa dipake lg.

  2. rini says:

    menurut saya pegadaian itu bukan rentenir ya….

    pegadaian itu lembaga keuangan bersifat non bank…
    coba aja anda pergi ke bank untuk meminjam uang
    memang bunganya sedikit tapi proses lama taksiran juga paling tinggi dipegadaian

    kalau pegadaian itu memberikan pelayanan yang cepat cuma 15 menit juga ga sampai ,kebutuhan masyarakat yg mendesak juga terpenuhi

    kalau ga mau bunganya banyak pake produk krasida aja 1% perbulan cuma 10 ribu bunganya kalau satu juta

    kalau belum tau pegadaian sepenuhnya jangan bilang pegadaian rentenir jual aja emas nya kalau emang ga mau ke pegadaian…beres mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s