7 Dosa Investasi Mematikan

Mengamati gaya investasi Warren Buffet dan George Soros, Mark Tier dalam buku The Winning Investment Habits of Warren Buffet & George Soros menyimpulkan tujuh dosa investasi mematikan yang dihindari Buffet dan Soros, tapi dilakukan kebanyakan investor. Di sini saya menuliskan ulang kesimpulan ini untuk anda.

1.

Percaya bahwa anda harus memprediksi gerakan pasar mendatang untuk memperoleh imbal hasil besar.

Fakta: Investor yang sangat sukses tidak lebih baik dalam memprediksi gerakan pasar mendatang ketimbang anda atau saya.

2.

Keyakinan “Guru”: Jika saya tidak dapat memprediksi pasar, maka orang lain dapat melakukannya – yang perlu saya lakukan adalah menemukan orang itu.

Fakta: Jika anda dapat benar-benar memprediksi masa depan, apakah anda akan meneriakkannya dari puncak gedung? Tentunya anda memilih tutup mulut, membuka akun di perusaaan efek, dan mencetak banyak uang.

3.

Percaya bahwa “informasi orang dalam” adalah cara untuk menghasilkan uang dalam jumlah sangat besar.

Fakta: Warren Buffet adalah investor terkaya di dunia. Sumber “tip” investasi favoritnya biasanya bebas untuk diakses: Laporan Tahunan Perusahaan.

4.

Melakukan diversifikasi.

Fakta: Rekam jejak Warren Buffet yang menakjubkan berasal dari identifikasi terhadap beberapa perusahaan bagus – dan kemudian mengambil posisi besar hanya di tiga perusahaan.

5.

Percaya bahwa anda harus mengambil risiko besar untuk mencetak keuntungan besar.

Fakta: Seperti halnya wirausahawan, investor sukses sangat antirisiko dan melakukan apa pun untuk menghindari risiko dan meminimalkan kerugian.

6.

Keyakinan akan “sistem”: seseorang, entah di mana, telah membangun sebuah sistem – suatu perbaikan analisis teknik, analisis fundamental, perdagangan terkomputerisasi, segitiga Gann, atau bahkan astrologi – yang akan menjamin keuntungan investasi.

Fakta: Ini kelanjutan dari sistem “guru” – jika seorang investor hanya bergantung pada sistem dari guru, ia akan menghasilkan uang sebanyak yang dikatakan guru itu. Penerimaan yang luas atas dosa keenam ini menjadi penyebab orang-orang yang menjual sistem perdagangan komoditas dapat menghasilkan banyak uang.

7.

Percaya bahwa anda tahu apa yang akan dibawa masa depan – dan merasa pasti bahwa “pada akhirnya” pasar harus membuktikan anda benar.

Fakta: Ini varian yang lebih kuat dari dosa investasi mematikan nomor 1, bahwa anda harus memprediksi masa depan – tetapi lebih tragis. Tampaknya dulu semua orang setuju dengan Irving Fischer ketika ia menyatakan, “Saham telah mencapai kisaran harga tinggi baru yang permanen” … hanya beberapa pekan sebelum bursa saham terpuruk pada tahun 1929.

This entry was posted in Buku, Investasi and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s