Maka Kugunting 3 Kartu Kredit Itu

IMG_20160327_202749

3 kartu kreditku sesaat setelah digunting akhirnya jadi kipas

Aku pertama kali punya kartu kredit pada bulan Februari 2014, ditawari sales yang mangkal di Carrefour. Dari bank Ma, limitnya 5 juta. Sebulan kemudian, aku ditelepon sales bank Mi tempatku menabung yang menawari kartu kredit dengan limit 12 juta. Kartu kredit ketiga kuperoleh bulan Juli 2014 dari bank B, bersamaan dengan pengajuan KPR, limitnya 10 juta. Sekarang total limit kartu kreditku 31 juta.

Tanggal 27 Maret 2016, tepat 25 bulan sejak menerima kartu kredit pertama, kugunting ketiga kartu kredit itu.

Aku telah menikmati enaknya punya kartu kredit, sekaligus telah merasakan tersiksanya membayar cicilan kartu kredit + bunga.

Kartu kredit adalah alat untuk mempermudah pembayaran. Seharusnya kartu kredit hanya digunakan saat punya uang, bukan saat tidak punya uang. Tapi aku telah melanggar prinsip itu, sehingga kini aku terlibat dalam utang yang cukup merepotkan. Daripada berkelanjutan, maka kugunting saja 3 kartu kredit itu.

Utangku belum lunas, jadi kartu kredit tsb belum bisa kututup dan saat ini masih bisa digunakan untuk belanja daring. Tapi setidaknya aku telah menghindarkan diriku dari membuat utang baru melalui gesek nontunai ataupun gesek tunai.

 

Riba I Quit

Aku bertekad untuk keluar dari utang, dan sekaligus dari riba. Riba identik dengan utang dan kondisi kekurangan. Agar terbebas dari riba, aku harus menjadikan diriku berkecukupan bahkan berkelimpahan.

Sebetulnya penghasilanku bertambah hampir setiap bulan. Tapi anehnya, utangku pun ikut bertambah. Aku tahu sebabnya, yaitu saat penghasilanku bertambah, gaya hidupku pun meningkat. Tadinya tempat tinggalku ngontrak dan kendaraanku sepeda motor, sejak tahun lalu berubah jadi rumah dan mobil yang didapatkan dengan cara dicicil. Lalu ditambah dengan adanya 3 kartu kredit yang mempermudah laku konsumtif.

Anomali ini harus kuhentikan secepatnya. Menggunting kartu kredit adalah langkah pertama. Mulai saat ini aku tidak boleh lagi membuat utang baru. Jika ada suatu keinginan (atau bahkan kebutuhan) tapi uangnya belum ada, aku akan menundanya sampai punya cukup uang.

Selanjutnya aku akan melunasi utang yang tersisa secepatnya. Targetku akhir tahun 2016, diriku sudah terbebas dari utang kartu kredit.

Pada saat yang sama, aku harus terus meningkatkan penghasilan tapi gaya hidup tidak boleh ikut meningkat.

Untuk keluar dari riba, aku pun akan menutup rekening tabunganku di bank konvensional dan menggantinya ke bank syariah. Ini akan segera kulakukan begitu KTP baruku jadi.

Tahun depan, targetku adalah bebas dari utang cicilan mobil. Lalu tahun depannya lagi bebas dari utang cicilan rumah.

Untuk itu harus harus secepatnya jadi MDIT (Million Dollar Income Team) atau agen asuransi dengan penghasilan miliaran. Caranya dengan membantu sebanyak mungkin agen-agen di timku untuk berhasil menjadi BP (level leader) dan mengembangkan tim mereka.

Selanjutnya, dalam beberapa tahun ke depan aku bisa membayangkan alangkah nyamannya hidup dengan penghasilan ratusan juta per bulan tapi gaya hidup hanya 20-30 jutaan perbulan. Betapa banyak uang yang bisa ditabung dan dibagikan.

Ya Allah, kabulkan keinginanku ini. Amin. Amin. Amin ya Rabbal ‘Alamin. []

This entry was posted in Serba-serbi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Maka Kugunting 3 Kartu Kredit Itu

  1. “aku harus terus meningkatkan penghasilan tapi gaya hidup tidak boleh ikut meningkat.”

    Terima kasih sudah sharing, pak. Intinya belajar hidup susah dalam keadaan berlebih. Salam kenal.

  2. HPAI Baturaja says:

    Mau bisnis sesuai syariah Islam,gabung yuk jdi mitra herba penawar alwahida indonesia HPAI skrg mendftr online biaya cuma 10 rb rupiah,anda sdh bisa berbisnis dimana pun berada,bisa merekrut mitra2 baru hpai anda di seluruh indonesia dg biaya 10 rb aja,beda dg bisnis lain,mendfrkn mitra baru harus level stokis,tapi di hpai dg regristrasi agen online cuma 10 rb bs dilakukan oleh semua agen,utk merekrut mitra2 baru,produk tdk diragukan lg herba halal utk pengobatan n menjaga kesehatan klrga anda,berminat hub hp/wa 085368540355 bbm 5ec6946e

  3. lebih meningkatkan penghasilan dan memperbaiki gaya hidup. sehingga bisa terlaras.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s