Memulai Kembali Investasi Saham Setelah Vakum Empat Tahun Lebih

ipot-ultima

Aplikasi Ipot Ultima untuk jual-beli saham, bisa diunduh di ponsel android. 

Pada hari Rabu 12 Oktober 2016, saya memulai kembali investasi saham setelah vakum selama empat tahun lebih. Sehari sebelumnya saya mendatangi kantor Indopremier Securities di ITC BSD untuk mengaktifkan akun investasi saya. Ternyata akun saya masih aktif, jadi saya tinggal memasukkan user id, password, dan PIN trading saja. Untungnya semua data tsb masih saya ingat, jadi saat itu juga akun saya bisa langsung dipakai kembali.

 

Lima tahun lalu atau sekitar akhir tahun 2011, saya pernah membuka rekening saham di Indopremier. Tapi aktivitas saya hanya bertahan sampai pertengahan 2012 karena kehabisan modal. Maklum saat itu saya baru memulai bisnis sebagai agen asuransi di Allianz, penghasilan masih kecil dan belum stabil, sering terpakai habis untuk biaya operasional.

Sejak itu saya selalu mencanangkan untuk segera memulai investasi kembali, karena investasi itu berkejaran dengan waktu. Tapi ternyata hingga empat tahun kemudian saya masih belum bisa menabung untuk modal awal investasi. Memang bisnis saya mengalami kemajuan setiap tahun, tapi gaya hidup pun mengikuti.

Baru di bulan Agustus atau September 2016 saya bisa benar-benar mulai menabung. Dan setelah yakin uang ini tidak akan terpakai untuk keperluan lain, segera saja saya alokasikan sebagian untuk berinvestasi di saham.

Sebagai dana awal, saya menyetor sebesar 2,5 juta ke rekening dana investasi saya di BEI (Bursa Efek Jakarta). Ternyata dana saya masih mengendap di sana sebesar 102.451. Jadilah sekarang saya mulai berinvestasi kembali dengan modal 2.602.451.

Seperti halnya pengalaman sebelumnya (diceritakan di SINI), kali ini pun saya akan memperhitungkan investasi saya ke bentuk semacam reksadana dengan unit penyertaan dimulai dari harga seribu rupiah.

Karena modal saya 2.602.451, maka dibagi 1.000 berarti jumlah unit awal yang saya miliki adalah 2.602,4510.

Jumlah unit ini akan tetap selama tidak ada penambahan modal, sedangkan harga unit akan berubah seiring fluktuasi nilai saham.

Saya akan menambah modal investasi saya secara rutin setiap dua minggu sehabis gajian, yang akan dibelikan unit penyertaan pada harga saat itu.

Reksadana pribadi ini saya beri nama sama seperti sebelumnya, yaitu Dana Saham Syariah Bermen (Bermen Syariah Equity Fund). Bermen, dulu sekali, adalah singkatan dari Berpikir dan Menulis, tapi pada dasarnya boleh diimbuhi kepanjangan apa saja asalkan awalannya masih Ber dan Men.

Disebut “syariah” karena saya hanya akan mengoleksi saham-saham yang memenuhi kriteria syariah, sebagaimana dimuat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI).

Saya akan melaporkan kinerja investasi saya setiap awal bulan di blog ini, sekaligus untuk memotret pertumbuhan investasi saya.

Sambil membeli dan menjual saham, saya belajar seluk-beluk investasi saham kepada beberapa guru yang berbaik hati membagikan ilmunya melalui blog. Satu yang perlu saya sebut adalah Teguh Hidayat, pemilik blog teguhhidayat.com. Usianya masih sangat muda, lebih muda daripada saya, tapi telah berpengalaman investasi sejak 2009 dan memiliki perusahaan investasi sendiri. Dia menerapkan metode value investing dalam investasinya, seperti halnya sang mahaguru yang menjadi legenda investasi dunia, Warren Buffet.

Selain menulis artikel di blognya, yang dapat dibaca secara gratis, dia juga membuat beberapa buku dan ebook yang bisa dibeli melalui blognya. Salah satu yang telah saya beli adalah ebook berisi rekomendasi saham hasil analisis laporan keuangan kuartal 2 tahun 2016. Saya menggunakan panduan dalam ebook ini sebelum memutuskan saham-saham apa saja yang perlu saya beli.

Demikian sebagai pengantar. Semoga konsisten profit. []

 

This entry was posted in Investasi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Memulai Kembali Investasi Saham Setelah Vakum Empat Tahun Lebih

  1. Saya juga baru buka akun ipot Oktober ini Kang Asep… mohon sharingnya (saya follower blog kang asep jadi muncul di linimasa wordpress reader saya)

  2. oke mas semoga sukses yah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s