Persiapan Liburan ke Italia

Alhamdulillah, berdasarkan pencapaian tahun 2016, saya mendapatkan hadiah liburan gratis ke Italia bersama sekitar 350 orang lainnya dari Allianz Life Indonesia. Kami akan berangkat pada tanggal 22 April dan kembali ke Indonesia tanggal 30 April, jadi sekitar satu minggu lebih. Saya kebagian pesawat Emirates yang akan terbang dari Jakarta, transit di Doha, lalu hinggap di Pisa. 

Beberapa Tempat yang Akan Dikunjungi

Piazza Micaehlangelo

Piazza Michaelangelo di Florence. Michaelangelo adalah seniman besar abad 16. Karya-karyanya berupa patung dan lukisan banyak menghiasi gereja-gereja di Italia. Namanya masuk urutan 49 dari 100 orang paling berpengaruh sepanjang sejarah versi Michael Hart (1978). 

Tempat-tempat yang akan kami kunjungi di Italia antara lain kota Florence, di mana kami akan melihat Piazza Michael Angelo, Giotto’s Bell Tower, dan Florence Baptisery. Lalu di kota La Spezia, kami akan berkunjung ke Cinqueterre, kawasan pedesaan yang unik karena bangunan-bangunannya berwarna-warni dan dibangun di atas bukit menghadap ke laut.

Cinqueterre

Cinqueterre di La Spezia

Lalu ke Venice (Venesia), kota terapung yang indah. Di sana kami akan mengunjungi Murano Island, Burano Island, Glass Factory, dan alun-alun San Marco Square. Lalu ke Verona, melewati Ponte Scaligero, Verona Arena, dan mengunjungi Juliets House and Balcony.

Italy, Venice, Murano Island and venetian lagoon aerial view

Murano Island di Venesia

Selanjutnya ke kota Milan, di mana kami akan mengunjungi stadion San Siro atau Giuseppe Meazza, stadion sepakbola markas AC Milan dan Inter Milan. Kebetulan saya pernah menjadi fans Milan di masa jayanya, ini akan jadi kunjungan yang tidak boleh dilewatkan.

San_Siro_2014

Stadion San Siro di Milan, markas AC Milan dan Inter Milan. Saya harus berfoto di depan sini.

Dokumen Pengajuan Visa

Sebagai persiapan keberangkatan ke Italia, saya diminta untuk melengkapi dokumen-dokumen sbb untuk pengajuan visa Schengen:

  1. Paspor Baru asli yang masih berlaku 8 (delapan) bulan terhitung dari tanggal trip (Minimum Dec 2017), Sampul Passport harap dilepas, bagi Passport yang baru jadi, harap sudah ditanda tangani, dan paspor memiliki minimal 3 halaman kosong.
  2. Fotokopi bukti keuangan 3 (tiga) bulan terakhir (Buku tabungan / rekening koran) wajib di legalisir bank.
  3. Referensi Bank (mencantumkan Nama, No.Rekening dan saldo terakhir) tujuan kedutaan Italy di Jakarta.
  4. Photo ukuran 3.5 x 4.5 = 2 lembar berwarna latar belakang putih (terbaru, tidak digunakan pada visa yang tertempel sebelumnya, ukuran wajah 75% close up pada photo tampak telinga, dahi dan alis mata, hadap lurus ke depan, Jika Menggunakan Kaca mata, harap di lepas saat berfoto).
  5. Fotokopi KTP
  6. Fotokopi Kartu Keluarga.
  7. Fotokopi Akte Nikah

Semua dokumen tsb harus diserahkan ke Obaja Tour paling lambat tanggal 3 Februari 2017.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut.

  • Rekening koran 3 bulan terakhir untuk menunjukkan kita punya bekal bepergian sehingga tidak akan merepotkan pemerintah di sana. Satu hal penting, rekening koran ini harus dilegalisir oleh petugas bank. Saya sempat lupa dengan syarat ini sehingga harus balik lagi ke bank Mandiri di BSD.
  • Referensi bank. Awalnya saya tidak paham apa itu referensi bank. Rupanya ini semacam surat keterangan dari pejabat bank bahwa kita layak secara keuangan untuk bepergian ke Eropa. Surat ini harus diminta minimal sehari sebelumnya, tidak bisa langsung jadi. Waktu itu saya tidak tahu, sehingga kelengkapan berkas saya harus molor tiga hari (diminta diserahkan hari Jumat, saya baru ke bank hari Jumat, dan Referensi bank baru beres hari Senin karena Sabtu-Minggu libur).
  • Pas foto. Di tukang foto, kita harus jelaskan benar bahwa foto ini untuk keperluan membuat visa ke negara Eropa, di mana syaratnya ukuran wajah harus 75% tampak.

Setelah berkas lengkap, sekitar dua minggu kemudian saya mendapat informasi dari petugas Obaja Tour bahwa masih ada yang kurang, yaitu saldo uang pada rekening koran. Saldo saya saat itu hanya 1 jutaan. Saya tanya ke petugas tour, berapa saldo minimal supaya disetujui, dijawab minimal 25 jutaan. Akhirnya saya tunggu gajian berikutnya pada minggu ketiga Februari, tapi ternyata masih kurang, jadi saya harus tambahi dari rekening saya yang lain baru saya cetak rekening korannya.

Setelah itu, saya mendapat pemberitahuan untuk datang ke kantor VFS Italy di Kuningan City Mall lantai 1, tanggal 10 Maret 2017, untuk pemeriksaan biometrik. Saya diminta datang dengan pakaian rapi, membawa buku tabungan asli serta fotokopi, serta kekurangan dokumen lain jika ada. Pemeriksaan biometrik isinya cek retina mata dan pengambilan sidik jari (10 jari diambil semua).

Ini kedatangan pertama saya ke VFS (Visa Facilitation Services) Global. Di sini ada juga beberapa negara lain yaitu Australia, United Kingdom, Selandia Baru, Kanada, Dubai, dan Singapura. Ada aturan yang baru saya tahu, yaitu tidak boleh bawa gadget ukuran besar. Saya bawa ipad, jadi ipad saya harus dititip. Dan ternyata biaya penitipannya mahal, kalau tidak salah 28 ribu. Selain itu tidak boleh memfoto bagian dalam kantor VFS.

Saya ngobrol dengan petugas tour Obaja yang melayani kami di sana tentang hasil pengajuan visa, apakah ada kemungkinan ditolak. Katanya ada. Waduh. Padahal ini kan trip dari kantor, ada penjamin yaitu perusahaan, tidak mungkin kami jadi gembel di negara orang.

Tidak lama di VFS, saya pun pulang dan menunggu. Alhamdulillah, pada awal April akhirnya pengajuan visa disetujui.

Urusan visa beres. Selanjutnya mempersiapkan perlengkapan traveling dan uang Euro untuk belanja oleh-oleh. Saya beli sepatu serta beberapa pakaian luar dan dalam. Tadinya mau beli koper, tapi saya pikir koper yang lama pun cukup untuk sendirian.

Sedikit-sedikit saya juga belajar percakapan dasar bahasa Italia lewat Youtube. Ini salah satu video yang saya pelajari. Lalu saya pun perlu mempelajari kota-kota yang akan dikunjungi dan kebudayaannya.

Baiklah, sementara ini saya anggap cukup untuk persiapan berangkat. Semoga perjalanan nanti lancar dan menyenangkan. Amin. []

 

Advertisements
This entry was posted in perjalanan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Persiapan Liburan ke Italia

  1. Pingback: Jalan-jalan ke Italia | Perjalanan Pikiran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s