Langkah-langkah Memulai Investasi Saham

ipot-ultima

Aplikasi online trading dari Indo Premier

Ada teman bertanya bagaimana caranya berinvestasi saham. Saya jawab lewat blog saja ya. Ini dia langkah-langkahnya:

Pertama, perlu diketahui bahwa investasi saham itu harus melalui yang namanya perusahaan sekuritas, atau disebut juga broker, atau pialang, atau makelar saham. Kenapa istilahnya sekuritas (securities), apa gak takut nanti dikira perusahaan penyedia security (satpam), saya kurang paham.

Jadi yang pertama, tentukan lewat sekuritas mana anda akan berinvestasi. Ibarat mau menyimpan uang di bank, pertama kali anda harus menentukan di bank apa akan menyimpan uang. Contoh perusahaan sekuritas: Indo Premier Sekuritas, Mandiri Sekuritas, MNC Sekuritas, Samuel Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas, Philip Sekuritas. Tuh, semua ujungnya ada sekuritas.  

Sekuritas mana yang disarankan? Tidak usah bingung. Asalkan resmi dan terdaftar, anda cari yang terdekat saja dari tempat tinggal anda.

Saya sendiri pilih Indo Premier, waktu itu karena syarat depositnya rendah (boleh minimal 100 ribu), ada aplikasi trading syariah, dan kantornya di ITC BSC dekat dengan tempat tinggal saya di Serpong.

Kedua, setelah anda menentukan di sekuritas mana anda akan membuka rekening saham, selanjutnya datanglah ke kantor sekuritas tsb. Sama seperti halnya ke bank, jika ingin buka rekening ya datang ke kantor bank terdekat. Alamat kantornya cari di Google saja.

Apakah bisa mendaftar secara daring? Bisa. Tapi dokumen fisiknya tetap harus dikirim ke kantor pusat. Jadi, jika di kota anda ada kantor cabangnya, lebih nyaman kalau datang langsung karena kita bisa sekalian ngobrol dengan CS-nya.

Ketiga, di kantor sekuritas, anda akan diminta mengisi form pembukaan rekening saham dan melengkapi dokumen yang disyaratkan, yaitu fotokopi KTP, NPWP, dan buku tabungan. Jika sebelumnya anda telah mendaftar melalui web, proses ini bisa anda lewati, jadi tinggal serahkan dokumen saja.

Keempat, jika dokumen lengkap dan tidak ada masalah, dalam 1-2 hari kemudian anda akan mendapatkan username untuk mengakses data saham melalui web atau aplikasi online trading, dan dibuatkan RDI (Rekening Dana Investor) atas nama anda. RDI ini adalah rekening bank tempat anda menyetor dana yang akan diinvestasikan.

Kelima, silakan mengisi deposit ke RDI anda. Di sini ada syarat tambahan, yaitu harus punya uang. Ya iyalah namanya juga investasi. Masa investor gak punya uang. Tapi inilah kelebihan investasi saham dibanding investasi lain seperti emas, obligasi, dan properti. Investasi saham tidak butuh banyak uang untuk memulai. Contohnya di Indo Premier, saya sendiri waktu itu memulai dengan dana 2 juta rupiah. Selanjutnya, deposit bisa disetor kapan saja anda punya uang.

Keenam, unduh dan pasang aplikasi online trading di laptop dan ponsel anda, lalu mulailah. Melalui aplikasi ini, anda bisa membeli dan menjual saham dengan mudah. Jika di rumah, saya lebih suka trading (jual-beli) lewat aplikasi di laptop. Jika di perjalanan, mau tak mau hanya bisa lewat ponsel.

Itulah langkah-langkah melakukan investasi saham.

Tentu saja ini hanya langkah teknis dan itu pun baru awalnya saja. Ada yang lebih penting dari ini, yaitu mengisi otak anda dengan pengetahuan tentang seluk-beluk investasi dan lebih khusus lagi investasi saham. Soal itu silakan googling saja.

Saya sendiri belajar secara mandiri melalui google. Ada satu satu blog bagus tentang investasi saham yang rutin saya baca, yaitu teguhhidayat.com.

Sambil belajar, saya juga berinvestasi sedikit demi sedikit. Tidak perlu takut rugi kalau sedikit-sedikit, karena belajar terbaik adalah melalui praktik.

Demikian. []

Advertisements
This entry was posted in Investasi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Langkah-langkah Memulai Investasi Saham

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s