Saat Himne Cinta Menjadi Tembang Lawas Masa Kini

Album Himne CintaUlasan kali ini ditulis oleh sahabat sekaligus rekan bisnis saya di Allianz, Siti Ema Rahmah, di blognya taproallisyaplus.wp.com. Katanya, lagu-lagu pada album Himne Cinta itu mirip tembang lawas tahun 80-90-an. Apakah anda setuju? Silakan dicek langsung lagu-lagunya di Soundcloud dan Youtube.

Terima kasih kak Emma untuk ulasannya yang menyenangkan.

Selamat membaca.

 

TEMBANG LAWAS, mungkin hanya difahami dan disukai oleh orang-orang pada masanya. Dan bagi orang tua kita atau bahkan nenek kakek kita, pasti sudah tidak asing lagi mendengar deretan nama dan karya-karya lagu, seperti; Panbers, Crisye, Broery, Ebit G Ade, Obbie Mesakh, Tommy J Pissa, Betharia Sonata, Crystien Panjaitan, Gombloh, Dian Pishesa, Titiek Puspa, Dewi Yul, Julius Sitanggang, Vina Panduwinata, Meriam Belina, Andi Meriam Matalatta dan lainnya, merupakan sederet penyanyi yang berjaya pada masanya. Dan lagu-lagu mereka cukup diminati pada saat itu.

Ya, saya hafal betul penyanyi-penyanyi di atas bukan tanpa sebab. Meskipun saya lahir September, tahun 1985. Tapi saya Sangat hafal para penyanyi lawas dan lagu-lagunya tersebut. Dan cukup sedikit mahir jika saya ditantang untuk menyanyikan lagu-lagu mereka di masa ini. Hal ini tidak lain karena sedari kecil, Ibu kandung saya selalu menyetel lagu-lagu lawas ini dan menyanyikannya. Sehingga lagu-lagu itu terekam otomatis di memori dan jiwa saya. 

Tidak hanya itu, setiap sore hari saya tidak pernah absen mendengarkan tembang-tembang lawas disalah satu siaran radio di daerah bogor yang paling FAVORIT.  Oia, saya ini asli BOGOR, dari lahir, SD, SMP dan MAN, saya tinggal di bogor. Dan mulai menetap di JAKARTA yaitu saat kuliah Strata satu (S1) sampai sekarang dan sudah menjadi warga DKI Jakarta.

Sejujurnya saja, sampai saat ini saya tidak bisa “Move On” dari tembang-tembang lawas ini. Kalaupun ada penyanyi era saya yang saya kagumi, mungkin hanya SITI NURHALIZA dan ROSSA saja, sedangkan penyanyi lain mungkin hanya untuk sekedar didengarkan saja tanpa meninggalkan kesan khusus di dalamnya. 

Mungkin karena itulah saya sering dapat “julukan” dari beberapa teman sekolah atau kuliah saya sebagai “Perempuan masa kini tapi selera tahun-70an”, heheee… karena mungkin saya ini lebih suka yang “matang-matang”. Selain katanya perempuan itu lebih cepat dewasa, juga karena saya dilahirkan sebagai anak nomor SATU di keluarga. Jadi memang sudah bawaan jika saya lebih suka yang sifatnya “dewasa atau matang”. Termasuk dalam hal pemilihan lagu dan selera musik.

Karena Diakui tidak diakui, tembang-tembang lawas itu memang cukup “abadi” untuk dinikmati bahkan untuk dinyanyikan. Rasanya kaya “nyentuh” aja ke hati nurani. Dan musiknya pun seperti tak bisa lekang oleh waktu. Tetap dapat diterima dengan baik oleh para pecinta aliran musik Pop. 

Lalu bagaimanakah kira-kira, jika tembang-tembang lawas itu, seperti lahir kembali dimasa kini, dengan pencipta dan penyanyi masa kini??? Pasti anda penasaran bukan seperti apa dan bagaimana sih lagunya itu. Nah, jika anda penikmat tembang-tembang lawas juga seperti saya, saya bisa Rekomendasikan album HIMNE CINTA karya ASEP SOPYAN. Selain anda bisa memesan dalam bentuk CD atau DVD, juga bisa anda lihat via YOU TUBE maupun SOUNDCLOUD nya. Jadi klik saja langsung alamatnya di bawah ini, https://youtu.be/jwRQGQFGS2c atau Soundcloud.com/asep-sopyan-236731764.

Saya pribadi sudah mendengarkan lagu-lagu karya ASEP SOPYAN dalam album HIMNE CINTA ini. Dan sebagai pendatang baru, saya cukup APRESIASI dengan baik karya seni nya ini. Karena sebagai “pemain baru” dalam industri musik tanah air, karyanya ini cukup bisa dinikmati dengan baik serta familiar di telinga. Tinggal buat video klip yang keren dan kekinian saja. Sehingga nanti tidak hanya enak di dengar tapi juga dilihat oleh mata.

Diantara judul lagu dalam album Himne Cinta ini, yaitu: Haruskah ku menanti, Takdir Kita, Wajah yang selalu pagi, Himne Cinta, diantara bunga-bunga, di Pasir Putih dan lainnya. Kurang lebih ada sebelas judul lagu dalam satu album ini.

Nah, saat anda mendengarkan lagu-lagu di album HIMNE CINTA ini, saya yakin jika anda penyuka lagu tembang lawas, maka lagu dan musik di album HIMNE CINTA ini, seakan membawa anda pada masa “warna lagu” seperti ini pernah ada dan berjaya. Sehingga saat mendengarkannya, anda bisa terima dan nikmati alunan lagu, baik dari sisi lirik maupun musiknya. 

Selain itu, Kesederhanaan lirik lagu serta aransement musik yang apik dengan warna tempo doe-loe, seakan mengajak anda untuk ikut berkaraoke bersama. Sehingga saya sarankan kepada pak Asep Sopyan untuk segera membuat lagu tanpa vokal atau khusus karaoke.

Secara umum, saya bisa memberikan penilaian bahwa album Himne Cinta ini seperti album kompilasi antara warna musik Ebiet G ade, Crisye, Obbie Mesakh dan lainnya. Jadi saat kita mendengarkan lagu-lagunya, seperti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pokoknya dari pada penasaran, buruan didengerin aja ya album Himne Cinta ini, supaya anda faham maksud saya dan bisa menikmati pula “tembang lawas masa kini” nya Asep Sopyan.

Oia, pak ASEP SOPYAN ini adalah senior dua tahun di atas saya saat di kampus UIN Jakarta maupun di organisasi EKSTRA Kampus, yaitu HMI cabang CIPUTAT. Dan kini beliau adalah leader saya di Tim ASN Serpong, Allianz Syariah. Sebagai leader pun beliau ini termasuk leader yang sukses berkat keterampilan menulisnya lewat blog myallisya.com itu. Dan Secara pribadi jika saya berkomunikasi via JAPRI dengan beliau, saya masih panggil pak asep ini dengan sebutan KAKAK. Sama seperti sebutan saya kepada senior-senior saya yang lain di kampus yang dulu. 

Karena itu saya doakan, supaya album HIMNE CINTA nya Kak Asep Sopyan ini bisa  diterima oleh para pecinta musik tanah air. Serta bisa memberikan warna lagu “lawas” di masa kini atau bisa juga “masa kini” yang dilawaskan. Selain itu, semoga tetap terus memperbaiki kualitas lagu dan musik di album-album berikutnya. Sehingga orang itu tahu akan ciri khas lagunya kak asep sopyan ini. Tanpa dibayang-bayangi oleh para sosok penyanyi tempo doeloe lagi.

Sekian review saya untuk album perdana “Himne Cintanya kak Asep Sopyan” ini. Dan Saat saya menulis artikel ini, entah kenapa saya merasa seperti sedang jadi juri Indonesian Idol, heheheee. Mungkin benar, jika Menilai itu katanya memang lebih mudah ya, heheeee.

Salam

Siti Ema Rahmah a.k.a Mimin Tapro Allisya

 

Lagu-lagu album Himne Cinta bisa didengarkan dan diunduh di Soundcloud.

Sebagian video klipnya bisa dilihat juga di Youtube.

 

Advertisements

About Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Tinggal di Tangerang Selatan
This entry was posted in Lagu and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s