Alat untuk Membersihkan Air Sumur yang Keruh dan Berbau Besi

Filter 2Per bulan Juli 2019 ini saya dan keluarga mulai tinggal di Perumahan Ciater Permai, Serpong Tangsel. Bukan kebetulan, saya mendapatkan rumah yang airnya keruh, berminyak, dan berbau besi. Dan memang banyak rumah di perumahan ini yang airnya serupa itu, meski ada juga sebagian yang airnya jernih dan tak berbau.

Sebetulnya sejak awal saya sering mewanti-wanti kepada diri sendiri: yang pertama soal rumah itu periksa dulu airnya; kalau bagus lanjutkan, kalau tidak bagus cari yang lain. Tapi entah kenapa saya abai dengan masalah ini, meskipun saya sebetulnya sudah melihat keruh dan mencium aroma besi pada airnya ketika pertama kali memeriksa. Ditambah lagi, ketika dikasih dua pilihan dengan rumah yang satunya lagi, anak-anak saya cenderung memilih rumah yang ini. Ya sudah, semoga kami betah.

Di luar masalah air, rumah ini memang oke. Dari segi lingkungan, rumah ini terletak di tengah-tengah komplek, dekat dengan masjid, dekat dengan lapangan, dekat dengan warung kelontong dan tukang sayur. Meski dari luar tampak kusam karena faktor usia, di dalamnya bagus juga. Ada 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, garasi mobil luas dengan atap, ruang tengah luas, dapur luas, ada teras, dan ada sedikit pekarangan tanah untuk menanam tanaman, plus ada pohon jambu di depannya. Pohon jambu ini yang memikat anak saya pertama kali.

Sedangkan untuk mengatasi masalah air, saya googling untuk mencari cara menjernihkannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, tapi saya mau solusi yang bersifat menyeluruh dan permanen serta minim intervensi.

Dan akhirnya di Tokopedia saya menemukan sebuah alat yang ampuh bernama Nanotec. Sebuah tabung besar setinggi manusia, yang menyaring air dari sumur sebelum masuk ke toren. Media penyaringnya terdiri dari karbon aktif, pasir silica, dan bahan lain, yang katanya impor dari Brasil. Media ini diganti dua tahun sekali. Ada pun perawatan rutin alat ini adalah backwash seminggu sekali, caranya tinggal putar saja knop di atas filter, dan penggantian kaporit dua minggu sekali. Kaporit ini harganya 100 ribu per kg, cukup untuk satu tahun.

Filter 1Lapak penjualnya bernama Adenfilter, kebetulan kantornya tidak jauh di daerah Muncul Tangerang Selatan. Harganya 2,75 juta, termasuk pemasangan.

Alat ini dipasang di antara mesin pompa dan toren penampung, jadi air yang masuk ke toren sudah bersih. Pompa saya terletak di bawah, sedangkan toren tentu saja di atas. Idealnya alat ini dipasang di atas juga di samping toren, agar arus air naik tidak terganggu. Tapi karena rumah saya tidak dilengkapi tangga untuk naik ke toren, jadi dipasangnya di bawah di samping pompa. Alhamdulillah, air dari mesin tetap bisa sampai ke toren dengan lancar.

Dan alhamdulillah lagi, hasilnya sesuai dengan klaim penjual filter. Air yang tadinya keruh, jadi jernih. Bau besi dan sisa minyak di atas air pun hilang. Dan kami bisa mandi dengan nyaman.

Bagi anda yang punya masalah serupa, selesaikan secara permanen dengan alat ini. Cari saja akun Adenfilter di Tokopedia. []

About Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
This entry was posted in Catatan Harian and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s