Membeli Smart LED TV Samsung 32 Inci

Minggu ini saya membeli Smart TV Samsung seri 32N4300 (LED 32 inci).  Ini untuk menggantikan TV merek LG jenis LCD 22 inci yang saya beli sekitar tahun 2010. Beli di Permata Elektronik lewat Tokopedia, tapi barangnya saya ambil langsung ke Harco Mangga Dua. Harga 2,625 juta.

Ada pun spesifikasinya antara lain:

  • Resolusi HD (1366 x 768)
  • Quad core
  • Audio Dolby digital plus
  • Wifi
  • Mobile to TV mirroring
  • Analog dan digital
  • Konektivitas: 2 HDMI, 1 USB, LAN, AV
  • Aplikasi tersedia: Youtube, Iflix, Netflix, HOOQ, Google Play Movie, Spotify, dll

Proses pembelian TV ini ada satu cerita menarik.

Sebetulnya sehari sebelumnya (tanggal 22 Januari 2020) saya sudah membeli merek Toshiba smart TV LED 32 inci dari toko yang sama. Harga 2,36 juta. Tapi ketika saya coba di rumah, aplikasi yang tersedia hanya Youtube. Tidak ada Iflix, Netflik, HOOQ, Google Play, dan lainnya. Di dalamnya ada banyak aplikasi tapi saya tidak pernah dengar dan tampaknya lebih ke aplikasi-aplikasi yang serius seperti TV-TV berita. Sebelumnya di kolom Diskusi Tokopedia, saya sudah menanyakan apakah TV ini bisa netflik, dan dijawab bisa.

Jadi saya hubungi penjual apakah barangnya bisa ditukar dengan merek lain, misalnya Samsung atau LG. Ternyata kata penjualnya bisa. Alhamdulillah. Jadi tanggal 23 Januari 2020 saya datang lagi ke toko Permata Elektronik.

Tadinya saya pikir yang namanya smart TV itu bisa instal aplikasi apa saja. Ternyata tidak. Kata penjual, smart TV hanya bisa memasang aplikasi yang memang sudah tertanam di program TV-nya. Samsung maupun LG pun demikian. Yang bisa menginstal banyak aplikasi di Playstore itu adalah Android TV, tapi harganya jauh lebih mahal dan hanya tersedia di televisi ukuran besar. Contohnya di toko tsb ada merek Sony Bravia 43 inci dengan harga 6,7 juta. Dan memang setelah dicoba, di TV tsb bisa diinstal satu aplikasi film yang masih jarang dikenal, yaitu Iqiyi dari China. Akhir-akhir ini saya sedang rajin nonton serial silat klasik China di aplikasi tsb.

Lalu saya minta waktu untuk mikir dulu. Sambil duduk di warkop depan toko, saya mencari-cari informasi dan menemukan ada yang namanya Android Set TV Box. Alat ini menjadikan TV seperti ponsel android yang bisa menginstal aplikasi apa saja. Harganya ratusan ribu saja, jauh lebih murah dibanding ganti ke TV Android.

Jadi saya kembali ke toko dan mengatakan tidak jadi menukar TV. Lalu saya pulang.

Tapi ketika saya baru keluar dari parkiran Harco, sambil terjebak macet di jalan ke arah Gajah Mada, saya berpikir untuk kenapa tidak jika Toshiba ini tetap ditukar ke Samsung. Setidaknya di TV Samsung seperti terlihat di gambarnya ada aplikasi Netflik, Iflix, dan mungkin ada beberapa aplikasi film lainnya, bukan cuma Youtube. Akhirnya saya balik lagi ke Harco.

“Saya masih penasaran,” kata saya ke penjual. “Boleh lihat yang Samsung?”

Lalu penjual membuka TV Samsung dan menyalakannya untuk melihat aplikasi apa saja yang ada di dalamnya. Ternyata aplikasinya jauh lebih banyak daripada di Toshiba. Selain Netflix dan Iflix, ada juga HOOQ, Google Play, dan banyak lagi.

Jadilah akhirnya TV yang sudah saya beli ditukar dengan TV Samsung. Saya nambah harga 265 ribu. Tak apa-apa, yang penting tidak penasaran lagi.

Alhamdulillah. Dan ternyata TV Samsung ini lebih memenuhi ekspektasi saya tentang sebuah Smart TV. Saya mungkin tidak perlu lagi menambah Android STB, setidaknya untuk beberapa aplikasi yang tidak tersedia, seperti IQiyi, bisa saya buka di HP saja. []

About Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
This entry was posted in Serba-serbi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s