Mengambil Simas Sehat Gold, Asuransi Kesehatan Sesuai Tagihan dari Sinarmas

Simas Card, dapat digunakan juga sebagai kartu diskon di merchant-merchant berlogo Sinar Card.

Selain bekerja penuh waktu sebagai agen asuransi Allianz Life Indonesia, saya juga nyambi sebagai agen asuransi Sinarmas untuk asuransi umum.

Untuk asuransi jiwa, saya mengambil di Allianz. Tapi untuk asuransi kesehatan saya dan keluarga, ternyata saya mengambil di Sinarmas.

Asuransi Sinarmas memiliki satu produk asuransi kesehatan yang bagus dan murah. Namanya Simas Sehat Gold, jenis asuransi kesehatan murni tanpa investasi (bukan unit-link). Produk ini menanggung biaya rawat inap sesuai tagihan dengan limit tahunan yang tidak terlalu besar sehingga preminya bisa terjangkau.

Simas Sehat Gold terdiri dari 7 plan, mulai plan kamar 200 ribu sd plan 800 ribu. Semuanya sesuai tagihan, dengan limit mulai 100 juta setahun untuk plan 200 hingga 400 juta untuk plan 800.

Plan yang saya ambil adalah plan 500, limit 250 juta setahun. Syarat untuk bisa klaim sesuai tagihan adalah menempati kamar sesuai plan. Untuk kasus saya berarti saya berhak menempati kamar yang harganya 500 ribu atau kurang. Jika menempati kamar di atas harga 500 ribu, dikenakan prorata atau proporsional.

Tabel manfaat Simas Sehat Gold plan 500

Meski limitnya tidak besar, hanya beberapa ratus juta, tapi menurut saya masih lebih menenangkan dibanding asuransi kesehatan dengan inner limit yang membatasi klaim untuk tiap itemnya seperti dokter, obat, dan bedah.

Saya mengambil produk ini untuk saya dan keluarga (5 orang). Preminya Rp. 12.160.200 setahun, diskon keluarga 10% jadi 10.944.180. Salah satu kelebihan produk ini adalah bisa dibayar bulanan dengan menggunakan kartu kredit. Saya memilih cara pembayaran bulanan, jadi preminya 912.015 per bulan. Khusus premi pertama ditambah admin 50 ribu.

Premi Simas Sehat Gold plan 500 (belum termasuk diskon 10% karena ambil sekeluarga)

Premi sebesar ini hanya selisih sedikit dengan JKN kelas 1 yang preminya 160 ribu per orang per bulan, total 5 orang 800 ribu. Saya tetap punya JKN BPJS, karena memang wajib dan tidak bisa diputus, tapi saya telah turunkan ke kelas 3.

Seperti asuransi kesehatan pada umumnya, Simas Sehat Gold menyediakan kartu untuk klaim rawat inap secara cashless di rumah sakit rekanan. Tapi ini satu kelemahannya, yaitu jumlah RS rekanannya tidak banyak. Sinarmas mengelola sendiri rumah sakit yang menjadi provider, tidak dialihkan ke rekanan seperti AdMedika dan SOS.

Sebagai contoh di daerah saya di Tangerang Selatan, RS yang menjadi rekanan hanya Eka Hospital, UIN Syarif Hidayatullah, Hermina Ciputat, dan St Carolus Gading Serpong. Paling dekat adalah Eka Hospital, tapi di RS ini tidak ada kamar yang harganya 500 ribu per hari, kecuali kelas Basic yang untuk peserta JKN. Jadi kemungkinan besar saya akan memilih cara klaim secara reimburse. Tak masalah, yang penting bisa diganti.

Selengkapnya tentang Simas Sehat Gold bisa dibaca di SINI.


Tertarik memiliki Simas Sehat Gold?

Silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Health Assurance Advisor)

HP/WA 082111650732 | Email asepsopyan.asn@gmail.com

About Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
This entry was posted in Asuransi and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s