Sub4Sub, Satu Cara Meningkatkan Like dan Subscribe Youtube

Saya baru memulai belajar youtube dan tentunya saya ingin jadi youtuber yang sukses. Ukuran sukses seorang youtuber adalah ketika sudah mendapatkan penghasilan yang memadai dari youtube dan bisa sepenuhnya mengandalkan hidup dari situ.

Agar channel youtube kita bisa menghasilkan uang, ada syarat minimal yang harus dipenuhi, yaitu minimal 1000 subscriber dan minimal 4000 jam penayangan dalam 12 bulan terakhir. Ini tidak mudah. Tapi bisa dicapai dengan kreativitas dan ketekunan, dan telah banyak yang mampu mencapainya.

Selama musim WFH (work from home) gara-gara corona, saya telah membuat beberapa video klip lagu-lagu karya saya, memasangnya di youtube Asep Sopyan Official, lalu menyebarkannya di akun FB dan beberapa grup WA. Hasilnya, dalam dua minggu subscriber saya hanya bertambah 20-an orang. Sepertinya tidak cukup jika kita hanya berharap dari lingkaran pertemanan kita.

Lalu saya mencari komunitas para youtuber yang juga punya kepentingan sama, yaitu ingin menambah like dan subscribe sebanyak-banyaknya. Ternyata komunitas seperti ini banyak sekali terdapat informasinya di internet. Saya pun mencoba bergabung dan berhasil masuk ke tiga grup WA, yang masing-masing anggotanya hampir mencapai 257 orang (maksimum anggota grup WA). Selebihnya banyak yang sudah penuh.

Aktivitas utama para anggota grup adalah sub4sub atau subscribe for subscribe, kadang disingkat S4S. Jika tiap orang dari mereka mensubs akun saya (dan saya pun tentunya mensubs akun mereka), berarti subscriber saya ada 700 lebih. Tinggal 2 grup lagi untuk mencapai syarat minimal 1000 subscriber. Tapi karena jumlah subscriber hanya salah satu syarat, masih ada satu syarat lagi yang lebih berat, yaitu minimal penayangan 4000 jam. Jadi saya tak heran di antara para youtuber di grup WA ada yang sudah mencapai lebih dari 1000 subs tapi masih aktif mencari tambahan jam tayang lewat komunitas tsb.

Apa yang dilakukan di grup WA para youtuber?

Tiap grup punya aturan tersendiri. Tapi secara umum tata caranya seperti ini:

  • Kita dapat menghubungi member lain lewat japri (jaringan pribadi)
  • Saat japri, kita memberikan nama akun atau link channel youtube kita dan begitu pun orang yang kita japri.
  • Setelah itu kita mengunjungi akun youtube tsb, menontonnya selama beberapa menit sesuai perjanjian (misalnya 2 menit, 3 menit, atau 5 menit). Saat menonton tidak boleh di-skip atau dilompat.
  • Lalu kita memberikan like dan subscribe
  • Lalu kita meng-screenshoot tampilan akun yang telah ditonton, like, dan subscribe, dan mengirimkannya kepada pemilik akun.
  • Orang yang kita japri pun melakukan hal yang sama.
  • Kedua pihak berkomitmen untuk tetap berlangganan (tidak unsubscribe). Salam permanen.
Contoh tampilan screenshoot orang yang telah like dan subscribe akun kita.

Kenapa saat menonton tidak boleh skip? Karena kita membutuhkan waktu penayangan 4000 jam. Ini syarat yang lebih berat daripada jumlah subscriber. Butuh rata-rata 11 jam penayangan per hari, barulah dalam setahun bisa mencapai 4000 jam.

Setelah saya mengikuti grup WA para youtuber dan menerapkan langkah-langkah seperti di atas, dalam waktu sehari jumlah subscriber saya telah bertambah 30 lebih alias menjadi dua kali lipat lebih dibanding sebelumnya.

Tapi ada harga yang harus dibayar untuk mendapat tambahan subscriber ini, yaitu waktu untuk chatting dan menonton channel youtube, dan tentu saja kuota internet (akan kerepotan bagi yang tidak berlangganan internet). Jika untuk setiap akun membutuhkan waktu 6 menit (chatting dan nonton), butuh satu jam untuk mendapatkan 10 subscriber baru. Ini jelas bukan cara instan. Tapi bagaimana pun ini perlu dilakukan, setidaknya pada tahap awal sebelum mencapai syarat minimal monetize, selain tentu saja terus membuat konten-konten yang berkualitas.

Baiklah. Selamat berjuang, diriku. Semoga sukses.

Oya, bagi yang ingin menerapkan langkah serupa, link grup-grup WA yang saya ikuti saya peroleh dari blog INI.

Selamat berjuang juga teman-teman.

Bagi yang ingin tahu akun youtube saya, silakan klik di SINI. Terima kasih. Saya terbuka untuk sub4sub. []

About Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
This entry was posted in Media Sosial and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s