Alhamdulillah, Cicilan Mobil Lunas

Alhamdulillah, per bulan Oktober 2020 ini cicilan mobil lunas.

Ambil Toyota Avanza E At pada bulan Oktober 2015, waktu itu DP hanya 7 juta dan cicilan 4,793 juta per bulan selama 5 tahun. Harga baru tunai 191 juta. Harga cicilan, jika ditotal, 294,580 juta. Dan ini termasuk asuransi mobil komprehensif tenor 5 tahun yang kalau beli sendiri sekitar 20 jutaan. Cukup logis lah.

Harga mobilku sendiri, jika dijual saat ini, pasaran sekitar 110-115 juta.

Ada yang bilang, beli mobil secara dicicil itu kebodohan. Pertama, karena harga yang harus dibayar jadi lebih tinggi. Kedua, karena mobil itu nilainya menurun. Dan bagi sebagian orang ada lagi alasan ketiga, karena mengandung riba.

Tapi saya membeli mobil secara dicicil, artinya saya tidak peduli dengan ungkapan tersebut.

Untuk alasan pertama, bagi saya membayar lebih tinggi itu wajar saja sebagai konsekuensi dari mencicil, dan saya menerimanya karena sadar saya tidak mampu membayar kontan.

Untuk alasan kedua, sebetulnya sama saja dengan membeli secara tunai. Yang namanya mobil itu nilainya semakin lama semakin turun.  

Untuk alasan ketiga, saya tidak komentar dulu.

Intinya, saya ingin dan butuh punya mobil. Dan alhamdulillah, selama ini mobil tsb telah membantu saya menjalani aktivitas sehari-hari dalam urusan pekerjaan, keluarga, maupun lainnya. Dan itu tak ternilai harganya. Lalu satu lagi. Saya tak perlu merasakan sesuatu yang tidak pantas (iri, cemburu) kepada orang-orang yang punya mobil.

Ada yang berkata, sekarang ini ada Grabcar dan Gocar, butuh naik mobil tinggal order. Tidak perlu mikir cicilan, bensin, garasi, dan risiko lain. Betul. Tapi di mobil orang lain tak ada privasi dan banyak hal yang tak bisa kita lakukan seperti di mobil sendiri. Tak bisa nyimpan baju cadangan, dokumen penting, barang yang banyak saat pulang kampung, atau sekadar sandal jepit. Jika bawa anak-anak, tak bisa mereka bebas bermain di jok belakang. Dan juga kita tak bisa membantu saat ada teman atau tetangga butuh tumpangan gratis. Semua itu tak ternilai harganya.

Apa pun itu, saya bersyukur cicilan mobil yang boleh dibilang merupakan kewajiban terbesar dalam keuangan kami ini akhirnya tuntas.

Selanjutnya rumah.

Semoga rezeki kami terus bertambah di hari-hari selanjutnya. Amin. []

About Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN dan Mitra Fuse | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
This entry was posted in Catatan Harian and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s