Alhamdulillah, Kanal Youtube Asep Sopyan Network Mencapai Monetisasi

Alhamdulillah, kanal youtube saya, Asep Sopyan Network, mencapai monetisasi pada tanggal 18 Desember 2020.

Syarat mendapatkan monet di youtube adalah punya kanal yang mencapai minimal 1000 subscriber dan dalam setahun terakhir mencapai 4000 jam tayang.

Kanal saya mencapai syarat yang ditentukan sehari sebelumnya, yaitu dengan 1097 subscriber dan 4063 jam tayang. Saya ajukan Youtube Partner Program pada sore hari (17 Desember) pukul 17, dan pada siang ini (18 Desember) pukul 12.21 saya menerima pemberitahuan lewat email bahwa pengajuan saya diterima. Jadi tak sampai sehari sudah disetujui. Cepat sekali.

Kanal youtube Asep Sopyan Network berisi video-video tentang asuransi. Saya mengaktifkan kanal ini pada bulan Maret 2020, bersamaan dengan dimulainya era WFH atau kerja dari rumah. Awalnya berisi video klip lagu-lagu saya, tapi lalu saya campur dengan asuransi. Video pertama saya tentang asuransi dibuat tanggal 8 April 2020. Dan pada bulan Juni 2020, saya membuat kanal khusus musik (Asep Sopyan Music), sehingga kanal yg ini menjadi khusus asuransi.

Cara Saya Mencapai Monetisasi

Cara saya mencapai monetisasi dalam waktu sekitar 9 bulan adalah dengan melakukan langkah-langkah sbb:

  • Membuat video secara rutin atau sering. Saya menargetkan seminggu minimal satu video, walaupun kenyataannya kurang dari itu.
  • Melakukan promosi melalui media sosial yang saya ikuti, mulai dari WA (grup maupun status WA), IG, FB, hingga blog. Terkadang mengirim secara personal ke orang-orang tertentu. Saya rutin membuat status setiap kali ada video baru, dan setiap kali jumlah subscriber menapaki batu pijakan tertentu.
  • Bergabung dengan komunitas para youtuber. Banyak grup para youtuber pemula di internet, umumnya grup WA, dan keberadaan mereka mudah dicari. Untuk awal, coba-coba saja bergabung dengan beberapa grup sekaligus. Tidak semua grup itu bagus, dan nasib akan membawa anda ke grup yang tepat.
  • Melakukan sub for sub dengan sesama anggota grup plus sedikit jam tayang. Tujuan terutama menambah subscriber.
  • Melakukan nobar (nonton bareng) di grup yang punya program nobar. Tujuan terutama menambah jam tayang. Kebetulan saya tergabung dengan grup yang bagus, punya program nobar yang rutin tiap minggunya.
  • Memanfaatkan semua gawai yang dimiliki untuk nonton kanal sendiri. Nah, ini terdengar aneh tapi sah-sah saja, selama akun dan gawai yang dipakai berbeda dengan akun dan gawai yang biasa digunakan untuk membuat video.

Demikian sedikit cerita. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin menjadi youtuber.

Selanjutnya, langkah saya adalah terus membuat video secara rutin. Dan saya juga punya satu kanal lagi, Asep Sopyan Music, yang merupakan kanal khusus musik. Ini juga perlu diupayakan bisa monetisasi. Semoga tercapai segera. Amin.

Lalu ada lagi kanal milik istri saya, Iyan Desi Susanti. Dan kami pun membuat kanal berdua, Desi Asep Family. Semoga lancar semuanya. Amin. []

About Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN dan Mitra Fuse | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
This entry was posted in youtube and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

1 Response to Alhamdulillah, Kanal Youtube Asep Sopyan Network Mencapai Monetisasi

  1. Pingback: Sub4Sub, Satu Cara Meningkatkan Like dan Subscribe Youtube | Perjalanan Pikiran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s