Mungkinkah Kekhilafahan Islam Tegak Kembali di Muka Bumi?

Mungkinkah kekhilafahan Islam tegak kembali di muka bumi?

Secara rasional dan empiris, jawabannya tidak mungkin.

Alasannya:

Pertama. Meyakinkan mayoritas umat Islam dunia agar setuju khilafah ditegakkan, itu tidak mungkin.

Setengah abad lebih gagasan khilafah digaungkan oleh Hizbut Tahrir, hingga saat ini yang setuju dengan gagasan tsb boleh dikata sangatlah minim di kalangan umat Islam. Banyak ulama dan tokoh muslim yang menyatakan penolakan thd ide khilafah. Bahkan penentangan terbesar sudah pasti akan timbul dari para penguasa yang saat ini memerintah di negara-negara mayoritas muslim. Kenapa? Karena jika khilafah tegak, mereka tidak lagi jadi pemimpin tertinggi di sebuah negara. Raja Arab, presiden Turki, presiden Indonesia, perdana menteri Malaysia, dsb hanya akan jadi setara gubernur yang harus tunduk kepada khalifah.

Kedua. Meyakinkan umat non-muslim yang tinggal di negara-negara mayoritas Muslim agar setuju dengan khilafah, itu lebih-lebih lagi tidak mungkin.

Jumlah mereka mungkin minoritas, tapi jelas cukup signifikan. Dan apalagi secara ekonomi, banyak dari mereka pegang kendali.

Ketiga. Letak geografis penganut Islam berpencar-pencar dari ujung barat di Maroko sampai ujung timur di Indonesia, dan terhalang sejumlah negara non-muslim.

Mustahil menyatukan wilayah seluas itu dalam satu pemerintahan, dan belum pernah terjadi dalam sejarah di masa lalu.

Keempat. Kapasitas para pengusung khilafah yang sangat amat jauh dari memadai untuk bisa diikuti seluruh umat Islam di dunia.

Sebagai contoh, di antara tokoh-tokoh eks-HTI di Indonesia, adakah yang secara kapasitas keilmuan layak disebut ulama? Saya kok belum menemukan. Beberapa tokoh yang tampil ke publik seperti Ismail Yusanto dan Felix Siauw, apakah layak disebut ulama? Menurut saya sangat jauh. Lalu jika tokoh-tokoh yang ditampilkan hanya seperti itu, mana mungkin bisa meyakinkan seluruh masyarakat muslim? Sementara para ulama yang benar-benar ulama pun hanya bisa berpengaruh di kalangan yang terbatas, dan sejauh ini tidak ada ulama yang dituruti oleh semua kalangan umat Islam.

Jadi, apakah masih perlu memperjuangkan khilafah?

Menurut saya buang-buang waktu saja dan justru malah menimbulkan perpecahan.

Syarat untuk menguasai dunia itu berat sekali. Jka umat Islam ingin menguasai dunia, umat Islam harus menguasai seluruh bidang kehidupan dan menguasai hajat hidup masyarakat dunia. Ekonomi, politik, militer, teknologi, budaya, seni, media sosial, peralatan rumah tangga, peralatan kantor, alat komunikasi, alat transportasi, mainan, perfilman, kedokteran, sastra, semua harus dikuasai. Dah itu saja. []

About Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN dan Mitra Fuse | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
This entry was posted in Agama and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s