Dengan Aplikasi Bibit, Investasi Reksadana Tidak Pernah Semudah Ini

Bermula dari sebuah iklan yang sering muncul di youtube, menampilkan Deddy Corbuzier mempromosikan sebuah aplikasi bernama Bibit. Ini adalah aplikasi untuk berinvestasi reksadana dengan cara yang mudah dan sederhana, cocok untuk pemula.

Bintang iklan memang punya pengaruh besar ya. Deddy Corbuzier, siapa yang tak kenal. Reputasinya sangat bagus. Seorang yang cerdas dan kritis. Di benak saya langsung tercetak sebuah citra, kalau sudah dipromosikan seorang Deddy tidak mungkin ini aplikasi abal-abal.

Maka setelah penglihatan yang kesekian kalinya, saya pun mengunduh aplikasi Bibit lewat tautan yang tertera di akhir iklan. Setelah itu registrasi dengan mendaftarkan nomor HP dan email.

Dan ternyata ini kesalahan!

Seharusnya saya tidak langsung registrasi. Mestinya saya mencari tahu dulu ini aplikasi apa, paling tidak melihat dulu reviewnya dari internet.

Saya baru mencari tahu perihal aplikasi ini setelah registrasi. Dan sampailah saya ke sebuah blog yang penulisnya menceritakan pengalaman menggunakan aplikasi Bibit. Di akhir artikel, dia menyebutkan kode referal yang dapat digunakan untuk mendapatkan cashback.

Waduh. Kenapa saya gak baca ini dulu sebelum registrasi?

Itulah kesalahan saya.

Merek-merek MI reksadana

Tapi sudahlah. Saya harap anda tidak melakukan kesalahan yang sama. Nah, bagi anda yang mau berinvestasi reksadana lewat aplikasi Bibit, jangan lupa pakai kode referal berikut ini saat registrasi untuk mendapatkan cashback sebesar 25 ribu: bibitasep.

Jadi apa itu Bibit? Bibit adalah aplikasi di ponsel untuk melakukan investasi reksadana. Bibit sangat cocok untuk investor pemula. Investasinya bisa dimulai dari setoran 100 ribu saja. Fitur-fiturnya dibuat mudah dan sederhana. Kita dapat memilih portofolio yang disarankan oleh Robo Advisor, bisa pula menentukan sendiri. Terdapat banyak merek manajer investasi terkenal yang bekerja sama, antara lain BNP, Schroder, Trimegah, Mandiri, Manulife, Danareksa, Bahana, dan Sinarmas.

Bibit hanya melayani investasi reksadana, tidak bisa langsung ke saham, obligasi, atau pasar uang. Investasi langsung seperti itu memerlukan pengetahuan investasi yang lebih mendalam. Jadi, reksadana memang investasi yang paling cocok untuk pemula.

Apa itu reksadana dan kenapa cocok untuk pemula?

Reksadana (Inggris: mutual fund) adalah kumpulan dana dari masyarakat yang dikelola oleh manajer investasi untuk disalurkan ke instrumen-instrumen investasi tertentu, yaitu saham, obligasi atau sukuk, dan deposito atau pasar uang.

Kenapa reksadana cocok untuk pemula? Karena investor cukup setor dana saja, selanjutnya penyaluran investasi ke instrumen apa saja, berapa persen komposisinya, kapan saatnya beli dan kapan jual, semua itu dilakukan oleh manajer investasi yang ahli di bidangnya. Jadi investor tinggal terima hasil.

Tapi perlu disadari bahwa hasil investasi reksadana bisa untung bisa pula rugi, khususnya dalam jangka pendek. Artinya, risiko investasi ditanggung oleh investor, sedangkan manajer investasi telah menerima bagiannya sendiri berupa upah pengelolaan. Adapun dalam jangka panjang, investasi melalui reksadana bisa dipastikan akan memberikan keuntungan.

Fitur-fitur dalam Aplikasi Bibit

Kembali ke aplikasi Bibit, aplikasi ini memiliki fitur-fitur antara lain:

  • Saran investasi dari Robo Advisor. Saran yang diberikan disesuaikan dengan profil risiko kita yang disimpulkan setelah menjawab enam pertanyaan.
  • Pilih reksadana sendiri. Jika kita tidak mau menggunakan saran dari Robo Advisor, kita dapat memilih dan menentukan sendiri ke reksadana apa kita akan berinvestasi. Tersedia semua jenis reksadana, yaitu RD pasar uang, RD obligasi, RD saham, RD campuran, RD indeks, RD USD, hingga RD syariah.
  • Nabung rutin. Kita juga bisa menjadwalkan untuk menabung secara rutin di aplikasi Bibit.
  • Gift card reksadana. Kita bisa memberikan hadiah berupa reksadana ke orang-orang yang kita sayangi. Alternatif daripada memberikan hadiah yang konsumtif.
  • Ajak teman dapat cashback. Nilainya saat ini sebesar 25 ribu, diberikan baik kepada kita maupun kepada teman yang berhasil kita ajak menggunakan Bibit. Bagi yang ingin cashback, dapat menggunakan kode referal saya: bibitasep. Tentu saja anda dapat registrasi tanpa kode referal, seperti saya sebelumnya.
  • Bisa memilih untuk investasi di reksadana syariah saja.
  • Selebihnya ada riwayat transaksi, portofolio, tutorial untuk dipelajari, artikel untuk menambah pengetahuan, dan tim support untuk tanya-tanya ke admin.

Keunggulan Aplikasi Bibit

Berikut adalah keunggulan aplikasi Bibit seperti diklaim oleh Bibit sendiri:

  • Gratis biaya komisi
  • Pemilihan investasi mudah. Ikuti saja saran robo advisor.
  • Layanan support terbaik. Bebas tanya tim support Bibit kapan saja.
  • Izin resmi OJK sebagai APERD (Agen Penjual Reksa Dana)
  • Cairkan investasi kapan saja
  • Bebas pajak. Hasil investasi reksadana bukan objek pajak.
  • Investasi mulai dari 100 ribu
  • Tanpa komitmen. Bebas setor kapan saja saat ada dana.
  • Metode pembayaran yang mudah. Tersedia lewat gopay, linkaja, dan virtual account.
  • Komunitas grup telegram
  • Didukung oleh investor ternama, East Ventures, 500 Startups, Convergence Ventures.
  • Tim teknologi berpengalaman

Cara Daftar Aplikasi Bibit

Aplikasi Bibit dapat diunduh di ponsel android maupun iOS. Untuk cara registrasinya tinggal mengikuti alur yang ada.

Yang pertama anda diminta menjawab 6 pertanyaan untuk mengetahui profil risiko anda sebagai investor. Silakan diisi saja sesuai kondisi dan pendapat anda.

Setelah itu lanjut dengan registrasi. Anda diminta memasukkan no HP dan kode referal. Kode referal ini bersifat opsional, tapi kalau ada lebih baik diisikan saja agar mendapatkan cashback. (Saat ini cashbacknya 25 ribu, silakan pakai kode referal saya: bibitasep).

Selanjutnya anda diminta mengisi data sebagai berikut:

  • Email
  • No rekening tabungan
  • Foto KTP
  • Alamat
  • Pekerjaan
  • Jenjang pendidikan

Pendaftaran anda akan diverifikasi oleh Bibit dalam waktu sekitar satu hari. Setelah terverifikasi barulah anda bisa memulai berinvestasi.

Demikian sedikit perkenalan tentang aplikasi investasi reksadana Bibit.

Mulai Investasi

Saya sendiri memulai investasi lewat aplikasi ini dengan setoran 500 ribu. Pembayaran lewat gopay. Jadi saldo gopaynya diisi dulu, lalu dihubungkan dengan aplikasi Bibit. Mudah-mudahan bisa rutin tiap bulan. Rencana saya adalah untuk jangka panjang, mungkin untuk kuliah anak saya kelak.

Profil risiko saya berdasarkan jawaban pertanyaan tergolong investor agresif dengan angka 9 dari 10. Saran investasi yang diberikan robo advisor Bibit untuk profil tsb yaitu 10% reksadana pasar uang, 24% reksadana obligasi, dan 66% reksadana saham.

Untuk awal saya ikuti dulu saja saran tsb. Nanti akan ditinjau di tengah jalan apakah akan terus mengikuti rekomendasi robot atau menentukan pilihan sendiri. Terus-terang saya sendiri inginnya pasif saja, jadi mudah-mudahan rekomendasi ini hasilnya bagus.

Untuk investasi yang agak mikir, saya telah berinvestasi di saham sejak dua tahun terakhir, lewat pialang Indopremier Securities. Bibit ini biar sebagai diversifikasi saja.

Sejauh ini, saya menilai aplikasi Bibit adalah tempat paling mudah untuk memulai investasi di reksadana. Bisa jadi saya yang kurang terinfo. Tapi jelas investasi di Bibit ini sangat mudah caranya.

Jangan lupa, bagi anda yang akan registrasi Bibit, silakan menggunakan kode referal bibitasep untuk mendapatkan cashback 25 ribu.

Semoga sukses berinvestasi. []

Berikut link unduh aplikasi Bibit di playstore android dan appstore iOS:

Artikel ini telah dibahas di kanal youtube Asep Sopyan Network:

About Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com, asuransibiru.com, dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
This entry was posted in Investasi and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s