Isra’ Mikraj, Perjalanan dengan Jasad ataukah Ruh Saja?

Satu hal yang sering jadi perdebatan terkait isra miraj adalah apakah perjalanan Nabi Muhammad Saw dalam satu malam dari masjidil haram ke masjidil aqsha lalu diteruskan ke langit hingga sidratil muntaha itu dilakukan dengan jasad dan ruh ataukah ruh saja?

Ada yg meyakini perjalanan tsb dg jasad dan ruh, ada yg menganggap itu perjalanan ruh saja.

Jika berdasarkan cerita Nabi Muhammad Saw sendiri dalam berbagai hadis, tidak ada beliau menyebutkan bahwa perjalanannya itu ruh saja, misalnya dalam mimpi atau saat tenggelam dalam dzikir yang khusyuk.

Yang pasti, ketika Nabi Muhammad Saw menceritakan kisah perjalanannya kepada masyarakat Mekkah waktu itu, banyak orang yang tidak percaya. Bahkan sebagian orang yang telah beriman pun ada yg ingkar.

Artinya, menurut pengakuan Nabi sendiri, perjalanannya itu memang berikut jasadnya, bukan hanya ruh. Bahkan walaupun misalnya benar itu perjalanan ruh, bisa jadi Nabi sendiri merasakannya sebagai perjalanan ruh dan jasad, saking riilnya pengalaman tsb.

Selamat Hari Raya Isra’ Mikraj 1442 H.

About Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com, asuransibiru.com, dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
This entry was posted in Agama and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s