Akhirnya Tembus Juga Rating 1600-an di Chess.Com

Akhirnya tembus juga aku ke rating 1600-an dalam catur cepat di platform chess.com, setelah menang 7 kali berturut-turut melawan seorang pecatur asal Philipina yang mudah penasaran.

Ramainya kasus Dewa Kipas vs Gotham Chess membuatku mulai bermain catur lagi, dengan membuka akun di chess.com. Terakhir kali main catur sepertinya saat kuliah belasan tahun lalu.

Salah satu hikmah dari kasus tsb, catur jadi populer dan platform chess.com saya yakin kebanjiran pengguna baru. Aku sendiri juga beli papan catur di tokopedia, berikut jam caturnya, untuk anak agar tidak terus mantengin gadget.

Di chess.com, aku mulai sebagai beginner di rating sekitar 700-an, dan dalam beberapa pertandingan langsung merangsek ke angka 1000-an, lalu belasan pertandingan lagi bertengger di atas 1400. Tapi dari 1400 ke 1500 mulai susah, mulai sering kalah, walaupun akhirnya tercapai juga stabil di angka 1500-an.

Nah, dari angka 1500 ke 1600 ini yang berat sekali. Tiap kali hampir sampai ke 1600, melorot lagi. Kemenangan dan kekalahan silih berganti. Dan ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Tapi akhirnya saat ratingku 1546, aku bertemu seorang pemain asal Philipina dengan rating 1580-an dan menang. Eh dia ngajak main lagi, kulayani. Menang lagi. Dia nantang lagi, masih kulayani. Begitulah sampai tujuh kali, akhirnya aku pun sampai di jajaran elo rating 1600-an, tepatnya 1602.

Sebetulnya dia masih ngajak main lagi, tapi biar aku tarik nafas dulu. Gak gampang untuk sampai ke level ini, peringkat yang menurut pengamat catur kira-kira dimiliki juga oleh Dewa Kipas (seandainya dia mainnya bener).

Untuk para pembaca yang hobi catur dan ingin main dengan saya, saya pakai akun manusiakamar di chess.com. Silakan ajak saja. Terima kasih. []

About Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com, asuransibiru.com, dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
This entry was posted in Catatan Harian and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s