Flip, Aplikasi Transfer Antarbank Gratis Tanpa Biaya Admin

Setiap bulan saya melakukan belasan kali transfer antarbank. Akan butuh biaya 6500 per sekali transfer jika tidak menggunakan perantara, yang berarti dalam satu bulan bisa mencapai 100 ribu untuk biaya transfer saja.

Untuk menyiasatinya, saya pernah menggunakan Ovo. Gratis 10 kali sebulan dan setelah itu dikenakan biaya 2500 (atau 3000, saya lupa). Tapi ini tidak lama, karena kemudian gratisannya tidak tersedia lagi.

Lalu atas info dari teman, pada bulan September 2019 saya pun mendaftar aplikasi Jenius, rekening tabungan dari bank BTPN. Jenius menggratiskan biaya transfer 15 kali per bulan jika saldo kita minimal 1 juta sd kurang dari 10 juta, dan 25 kali jika saldo kita minimal 10 juta. Termasuk ke dalam jatah gratis ini adalah biaya untuk mengisi saldo dompet digital (OVO, Gopay, Linkaja, Dana) dan biaya penarikan tunai di ATM Bersama/Prima/Alto.

Keberadaan Jenius lumayan membantu menghemat biaya. Jadi saya hanya perlu keluar uang 6500 satu kali saat transfer dari rekening utama saya (Mandiri) ke rekening Jenius, selebihnya dari Jenius ke rekening lain tak perlu keluar biaya.

Tapi kadang kebutuhan saya lebih dari 15 kali, sehingga selebihnya saya kena biaya transfer. Selain itu, sejak Januari 2021, Jenius tidak sepenuhnya gratis, tapi mengenakan biaya administrasi yang disebut feesible sebesar 10 ribu per bulan.

Jadi saya pun mulai melirik aplikasi Flip. Sebelumnya, yang menggunakan Flip itu istri saya. Tapi karena waktu itu ada Jenius, saya belum tertarik menambah aplikasi lain. Lalu akhir-akhir ini saya sering lihat iklan Flip di Tiktok. Sepertinya Flip dapat investor besar nih, pikir saya. Berarti ini aplikasi bukan main-main. Lalu jadilah saya pun mengunduh aplikasi ini. Dan ternyata aplikasi ini sangat berguna. Sejak Februari sd Juni 2021, saya sudah menghemat biaya transfer sebesar 223.100. Lumayan.

Kenapa aplikasi Flip bisa menggratiskan biaya transfer? Cara kerjanya sederhana. Biaya transfer bisa gratis jika kita melakukan transfer dari dan ke bank yang sama. Itulah yang dilakukan Flip. Misalnya kita punya rekening di bank Mandiri dan ingin melakukan transfer ke rekening BCA lewat Flip, maka pertama kita akan membuat perintah transfer antarbank di aplikasi Flip, setelah itu kita melakukan transfer dari Mandiri kita ke Mandiri Flip, lalu Flip akan mentransfer dana kita ke rekening BCA tujuan kita melalui akun BCA yang dimiliki Flip. Setelah itu jangan lupa lakukan konfirmasi telah transfer, dan proses verifikasi akan dilakukan dalam waktu 10 menit.

Untuk menghemat pekerjaan, kita dapat mengirim dana ke beberapa rekening sekaligus lewat aplikasi Flip, dan transfer ke rekening Flip cukup satu kali.

Tapi seperti halnya Jenius, gratisnya Flip pun tetap ada batasan, yaitu maksimal dana yang ditransfer adalah 5 juta per hari, di atas itu dikenakan biaya 2500 per transaksi (tapi tetap lebih murah daripada biaya admin standar). Lalu jika kita telah melakukan 10 kali transfer gratis dalam sebulan, kita akan diberikan dua opsi:

  1. Biaya 900 per transaksi jika ingin proses verifikasi di bawah 10 menit
  2. Tanpa biaya jika kita tak keberatan proses verifikasi memakan waktu hingga 25 menit.

Selain sebagai sarana transfer, Flip juga menyediakan pulsa HP dengan harga lebih murah dari aplikasi lain maupun di konter pulsa. Sebagai contoh, pulsa Telkomsel 25 ribu bisa dibeli dengan harga 25100, padahal di aplikasi lain dan di konter umumnya 26500. Jadi yang mau bisnis pulsa, boleh juga belinya lewat Flip.

Flip saat ini punya program Ajak Teman Jadi Cuan. Jika kita mengajak teman menggunakan Flip, kita akan dapat saldo sebesar 20 ribu. Bagi anda yang tertarik menggunakan Flip setelah membaca cerita saya, silakan menggunakan tautan berikut untuk mengunduh aplikasi Flip di HP anda: https://flip.id/s/rsgqx8361.

Ada yang bertanya, apakah Flip aman? Ya, aman. Flip adalah perusahaan start up transfer dana yang telah mendapat izin dari Bank Indonesia dengan nomor 18/196/DKSP/68. Untuk lebih jelasnya silakan googling sendiri. Sejauh ini uang saya tidak pernah hilang dari aplikasi ini.

Demikian pengalaman saya menggunakan Flip. Semoga bermanfaat. []

Catatan tambahan:

  • Akhir-akhir ini banyak bank digital dengan promo-promo yang menarik, seperti bebas biaya admin, bebas kirim uang ke mana saja, dsb.
  • Dugaan saya, bank-bank tsb pada akhirnya akan seperti Jenius BTPN, mengenakan biaya bulanan atau batasan lainnya.
  • Tapi jika anda ingin memanfaatkan promo mereka, tentunya bebas juga. Nanti kalau kena biaya, tinggal pindah bank lagi. Tentunya anda akan diminta data KTP dan selfie dg KTP lagi.

About Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com, asuransibiru.com, dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
This entry was posted in Keuangan and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s